Evaluasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Berdasarkan Sistem Zonasi Di Sman 1 Poco Ranaka,Kecamatan Lamba Leda Selatan Kabupaten Manggarai Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Evaluasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Berdasarkan Sistem Zonasi Di Sman 1 Poco Ranaka,Kecamatan Lamba Leda Selatan Kabupaten Manggarai Timur

XML

Penelitian ini bertujuan untuk Mengevaluasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru(PPDB) Berdasarkan Sistem Zonasi di SMAN 1 Poco Ranaka Kecamatan Lamba Leda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur. PPDB sistem zonasi merupakan salah satu kebijakan pendidikan yang bertujuan pemerataan pendidikan dengan berlandaskan pada prinsip yang bersifat objektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan atau non-diskriminatif. Penelitian kualitatif ini menggunakan analisis model CIPP (Context, Input, Proses, Product). Objek pada penelitian ini adalah Kebijakan PPDB sistem zonasi di SMAN 1 Poco Ranaka dengan informan berjumlah 10 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan implementasi kebijakan PPDB sistem zonasi di SMA Negeri 1 Poco Ranaka Kecamatan Lamba Leda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur secara umum sudah berjalan sesuai dengan prinsip kebijakan. Namun, tentu tidak lepas dari berbagai kekurangan yang masih perlu diperbaiki. Hasil penelitian ini dijabarkan dalam beberapa aspek,yaitu Pertama, pada aspek konteks kebijakan ini perlu adanya penyesuaian antara ketersedian daya tampung sekolah dengan ketersedian ruang belajar dengan kuota daya tampung yang ditetapkan,Kedua, pada aspek input. Ketersediaan fasilitator, buku pedoman dan mekanisme PPDB sistem zonasi sudah terpenuhi, Ketiga, pada aspek proses Pelaksanaan kebijakan PPDB sistem zonasi di SMAN 1 Poco Ranaka berjalan sesuai dengan mekanisme dan jadwal yang telah ditentukan. Keempat, aspek product Kebijakan PPDB sistem zonasi di SMAN 1 Poco Ranaka sudah di implementasikan sesuai pada prinsip kebijakan yaitu objektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan atau non- diskriminatif meskipun memang belum mencapai tujuan kebijakan yaitu pemerataan pendidikan akan tetapi dengan harapan ketika terus dilanjutkan pemerataan pendidikan segera terealisasi.


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA ALFIANA DELIMA - Personal Name
Student ID
1803010179
Dosen Pembimbing
NURSALAM - 196410091991031001 - Dosen Pembimbing 1
UMBU TAY W PARIANGU - 197812202006041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nursalam - 196410091991031001 - Ketua Penguji
Umbu Tay W Pariangu - 197812202006041002 - Penguji 1
Petrus Kase - 196208091988031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Del M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA