STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL AKTIVITAS DAN KONTEN PROMOSI @kupang.foodies DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Detail Cantuman

Skripsi

STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL AKTIVITAS DAN KONTEN PROMOSI @kupang.foodies DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas dan konten promosi yang terjadi
pada akun instagram @kupang.foodies dan untuk mengetahui rutinitas komunikasi follower
setelah melihat postingan akun tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan studi etnografi virtual. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi
virtual, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori new media atau media baru
yang dikemukakan oleh Pierre Levy dengan dua pandangan, pertama pandangan interaksi sosial
dan kedua, pandangan integrasi sosial. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas dan konten
promosi dengan memanfaatkan pengunggahannya melalui instagram mempermudah followers
untuk menemukan informasi kuliner karena dengan dilengkapi oleh visual, audiovisual dan video
yang menarik dengan memperhatikan unsur promosi pada setiap postingan. Selain aktivitas di atas,
terdapat aktivitas lain yaitu aktivitas promosi sebelum menggunah foto dan video ke feed.
Disamping itu dengan adanya aktivitas dan konten promosi terjadi adanya interaksi antara sesama
followers dan juga interaksi antara admin dan followers. Komunikasi yang terjadi biasanya dengan
memanfaatkan fitur instagram, comment, like sebagai bentuk apresiasi kepada postingan instgaram
dan direct massage (DM) melalui reply instastory ataupun sekedar bertanya mengenai
rekomendasi kuliner. Hal ini sudah menunjukan adanya interaksi antara admin dan followersnya..
Kesimpulan pada penelitian ini adalah Aktivitas dan konten promosi kuliner yang dilakukan oleh
akun instagram @kupang.foodies dengan cara memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat dalam
instagram untuk memberikan informasi kuliner kepada followers dan pengguna lainnya agar
mengunjungi tempat makan tersebut. Rutinitas komunikasi yang terjalin antara followers dan
admin serta sesama followers setelah melihat konten promosi yang diunggah dilakukan melalui
like sebagai bentuk apresiasi, dalam bentuk komentar untuk lebih mengetahui lebih detail tentang
konten yang diposting dan dalam bentuk DM atau pesan langsung ke admin @kupang.foodies
untuk menanyakan kuliner. Selain itu rutinitas komunikasi followers akun instagram
@kupang.foodies memberikan tiga efek komunikasi massa kepada para followersnya yaitu efek
kognitif, afektif, dan behavioral.


Detail Information

Item Type
Penulis
JAIFA PATIMOA - Personal Name
Student ID
1803050167
Dosen Pembimbing
SILVANIA STELLA EPIPHANIA MANDARU - 198401062014042001 - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Aslam - 198812242019031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Silvania Stella Epiphania Mandaru - 198401062014042001 - Ketua Penguji
Muhammad Aslam - 198812242019031001 - Penguji 1
Mas'amah - 197906172008012020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Pat J
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA