Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Bumiku Subtema 1 Perbedaan Waktu Dan Pengaruhnya Pembelajaran 1 Di Kelas VI SD Inpres Sikumana 3
XMLTerdapat 2 rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa siswa pada tema 8 bumiku subtema 1 perbedaan waktu dan pengaruhnya pembelajaran 1 di kelas VI SD Inpres Sikumana 3?, (2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 bumiku subtema 1 perbedaan waktu dan pengaruhnya pembelajaran 1 di kelas VI SD Inpres Sikumana 3?. Instrumen pengukuran hasil belajar berupa test pilihan ganda dan soal uraian yang dikembangkan oleh peneliti. Instrumen divalidasi isi dan analisis item setelah uji coba. Reliabilitas test menunjukan nilai alpha crobbach’s sebesar 0,736 untuk soal pilihan ganda dan 0,726 untuk soal uraian sehingga layak untuk digunakan. Penilitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu quasi experiment dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VI SD Inpres Sikumana 3 yang berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI B yang berjumlah 25 orang siswa. Analisis data dilakukan melalui tahap (1) uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dan (2) uji hipotesis penelitian, yang dilakukan dengan teknik analisis statistik paired sampel test, uji One way Anova, dan uji benferroni.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa yang rata-rata awalnya 60,5 dan setelah mendapat perlakuan nilai rata-rata kemampuan berpikir meningkat menjadi 69,7. Pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS versi 25 dilakukan dengan uji paired sample test. Berdasarkan data diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antar variabel. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Sedangkan, pada hasil belajar siswa juga mengalam peningkatan setelah diajarkan menggunakan model PBL, dimana nilai rata-rata awal 44,7 meningkat menjadi 64,7. Pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS versi 25 dilakukan dengan uji paired sample test. Berdasarkan data diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antar variabel. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 antara sebelum dan sesudah diterapkan model PBL
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Adi Markus Ebi Kawa - Personal Name
|
Student ID |
1701140207
|
Dosen Pembimbing |
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Hiwa Wonda, - - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1 Taty R. Koroh - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 KAW P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |