FAKTOR- FAKTOR PENYEBAB PUTUS SEKOLAH PADA ANAK DI DESA OELTUA (Studi Kasus pada anak SMA Desa Oeltua, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

FAKTOR- FAKTOR PENYEBAB PUTUS SEKOLAH PADA ANAK DI DESA OELTUA (Studi Kasus pada anak SMA Desa Oeltua, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang)

XML

Penelitian ini berjudul Faktor-faktor penyebab putus sekolah pada anak di Desa Oletua Kecamatan Taebenu. Masalah pokok dari penelitian ini adalah Faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan putus sekolah pada anak di Desa Oeltua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskrisipkan faktor-faktor penyebab putus sekolah pada anak di Desa Oeltua. Penelitian ini menggunakan teori pilihan rasional oleh James S. Coleman. Subjek dalam penelitian ini adalah beberapa anak yang dikategorikan putus sekolah pada tingkat SMA Desa Oeltua Kecamatan Taebenu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang menunjuk pada studi kasus dianalisis secara kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil langsung melalui wawancara dengan informan yaitu anak yang putus sekolah dan orang tuanya di Desa Oeltua. Sedangkan data sekunder diambil dari Kantor Desa Oeltua yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Teknik Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sample. Yang menjadi sasaran penelitian ialah anak yang putus sekolah serta orang tuanya di Desa Oeltua Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang yang berjumlah 25 orang, terdiri dari orang tua/wali, dan anak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa factor faktor penyebab putus sekolah pada anak di Desa Oeltua yakni faktor internal, dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu sikap malas, ketidamampuan mengikuti pelajaran, kurangnya perhatian orang tua, dan memotivasi diri untuk bekerja. Sedangkan faktor eksternal adalah masalah ekonomi, dan pergaulan bebas yang menyebabkan anak putus sekolah. Kesimpulan dari hasil penelitian yang didapatkan penulis di lokasi penelitian bahwa factor paling dominan penyebab anak SMA di Desa Oeltua putus sekolah disebabkan dari dalam diri atau factor internal. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian, terbukti bahwa dari sekian banyak anak yang diteliti di Desa Oeltua pada tingkat SMA dengan informan anak yang putus sekolah berjumlah 13 orang, 7 orang diantaranya putus sekolah karena tidak adanya minat untuk bersekolah. Saran bagi orang tua perlunya memberikan motivasi yang kuat kepada anak akan tentangnya pendidikan yang baik akan masa depan, demikian juga kepada guru memberikan semangat agar pendidikan anak dalam proses belajar bisa menjadi lebih baik agar kedepannya mereka bisa menjadi orang yang cerdas, berguna untuk sesama, dan bangsa.


Detail Information

Item Type
Penulis
Herdianto Mesak Olla - Personal Name
Student ID
1703030143
Dosen Pembimbing
SYAMSURYADI - 195712111989011001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Syamsuryadi - 195712111989011001 - Ketua Penguji
Chrisistomus S. Oiladang - 196302072000031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Oll F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA