Skripsi
Pengaruh Penerapan Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas Vii Smp Negeri 8 Kota Kupang
XMLPenelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis dan desain penelitian pretest dan posttest. Menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen sekirannya peneliti dapat memperoleh data tentang hasil belajar siswa melalui metode Problem Based Learning yang peneliti gunakan dalam pembelajaran. data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bantuk data angka dan kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VII A dan VII B SMP Negeri 8 Kota Kupang. Pertama hasil penelitian ini menunjukan beberapa hal sebagai berikut: Pada kelas eksperimen nilai signifikansi yang di dapat yaitu 0,734 dan pada kelas kontrol di dapat 0,683 dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada pada uji homogenitas kedua hasil tersebut melebihi nilai sig > 0,05 maka kedua hasil tersebut berdistribusi homogen. Kedua Pada kelas eksperimen nilai signifikansi yang di dapat yaitu 0,161 dan pada kelas kontrol di dapat 0,189 dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada pada uji normalitas kedua hasil tersebut melebihi nilai sig > 0,05 maka kedua hasil tersebut berdistribusi normal. Ketiga Pada kelas eksperimen nilai signifikansi yang di dapat yaitu < 0,001 dan pada kelas kontrol di dapat < 0,001 dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada pada uji t-test paired sample ttest kedua hasil tersebut memiliki perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas mempunyai mean (rata-rata) yang jauh berbeda yaitu pada kelas eksperimen memperoleh hasil
39.677 lebih tinggi di bandingkan dengan kelas kontrol yang memperoleh hasil 19.355 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 jika kita lihat pada dasar pengambilan keputusan pada uji statistik regresi linear sederhana nilai tersebut menunjukan adannya pengaruh variabel x terhadap variabel y diketahui dari hasil yang di dapat bahwa 0,001 < 0,05 yang artinya variabel x berpengaruh terhadap variabel y.
Kata Kunci: Metode Problem Based Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Karolina Nelssy Salut - Personal Name
|
Student ID |
1901070011
|
Dosen Pembimbing |
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
MAKARIUS E BRIA - 199208112020121016 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
MAKARIUS E BRIA - 199208112020121016 - Ketua Penguji
MARIA L BRIBIN - 199305132019032025 - Ketua Penguji Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Lut P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |