Skripsi
Hubungan Antara Kecintaan Terhadap Korean Pop Dengan Tingkat Konsumerisme Pada Fandom Exo-L Kota Kupang
XMLRumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana perubahan perilaku konsumerisme individu penggemar K-Pop dan faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan perilaku konsumerisme individu penggemar K-Pop. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui perubahan perilaku konsumerisme penggemar K-Pop dalam fandom EXO-L Kupang, serta faktor yang mempengaruhi perubahan perilaku individu penggemar K-Pop. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori media film Kevin MCDonald dan teori Jean Baudrillard tentang masyarakat konsumsi. Budaya populer disebarkan melalui media dan mempengaruhi masyarakat, khususnya penggemar K-Pop. Pengaruh yang dibawa oleh budaya KPop yang disebarkan secara media ini mengakibatkan konsumerisme individu penggemar mengalami perubahan menjadi konsumerisme tanda. Seperti teori yang dikembangkan oleh Baudrillard, konsumsi masyarakat saat ini didominasi oleh tanda dan bukan berdasarkan nilai guna dari konsumsi barang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan melalui purposive sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya perubahan perilaku konsumerisme individu penggemar K-Pop yang disertai oleh faktor-faktor penyebab perubahan perilaku konsumerisme. Penggemar K-Pop mengalami perubahan perilaku konsumerisme, baik sebelum mengenal K-Pop dan setelah mengenal K-Pop. Sebelum menggemari K-Pop pola konsumsi individu hanya berdasarkan akan pemenuhan kebutuhan. Akan tetapi semenjak menggemari KPop, konsumsi penggemar bertambah dengan pemenuhan akan keinginan, yakni membeli barang-barang K-Pop seperti merchandise official dan unofficial, makanan, minuman, skincare, dan kpop stuff lainnya. Konsumerisme ini terus dijalankan oleh individu sebab hasil aktivitas konsumerisme menjadi hiburan bagi penggemar. Indikator perubahan perilaku konsumerisme penggemar K-Pop meliputi: ingin coba-coba produk, mendapatkan freebies, kemasan yang menarik, dan menjadi simbol status. Perubahan perilaku konsumerisme tidak hadir begitu saja, melainkan disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi motivasi konsumen akan hiburan, konsep diri (persepsi individu penggemar K-Pop), dan keadaan ekonomi. Sedangkan faktor eksternal meliputi pengaruh budaya, interaksi antar sesama penggemar K-Pop, dan media sosial. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, maka saran yang direkomendasikan penulis bagi penggemar K-Pop, hendaknya menanamkan kontrol diri, bersikap kritis dan rasional serta bijaksana dalam mengeluarkan uang untuk membeli suatu kebutuhan berdasarkan manfaatnya dan kebutuhan bukan berdasarkan pemenuhan keinginan.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Franciska Angelli Tefbana - Personal Name
|
Student ID |
1903030081
|
Dosen Pembimbing |
Lasarus Jehamat, S.Sos, MA - 197805242006041006 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Hotlif A. Nope-19771124 200501 1 002 - - Ketua Penguji
Lasarus Jehamat, S.Sos, MA - 197805242006041006 - Penguji 1 Susana C.L. Pellu, S.Sos, M.Si - 197110222005012001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
69201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Sosiologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
692.01 Tef H
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |