Peran guru dalam membentuk Kecerdasan Sosio- emosional siswa SD Inpres Tesbatan Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peran guru dalam membentuk Kecerdasan Sosio- emosional siswa SD Inpres Tesbatan Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang

XML

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam membentuk kecerdasan sosioemosional siswa dan juga untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam membentuk kecerdasan sosioemosional siswa. Skripsi ini disusun menggunakan teknik alnalisis deskriptif kualitatif dan Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur,observasi, dan studi dokumentasi pada guru kelas.Semua data dianalisis deskriptif menggunakan reduksi data, display data (penyajian data) dan kesimpulan (verifikasi). Penelitian ini diadakan di SD Inpres Tesbatan dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa : Peran Guru dalam membentuk Kecerdasan Sosioemosional Peserta Didik di SD Inpres Tesbatan yaitu (1) Guru sebagai pendidik mampu mengenali dan mengelola emosi siswa,(2) Guru sebagai pembimbing mampu Memberikan motivasi kepada siswa,(3) Guru sebagai model dan teladan mampu membina hubungan dengan orang lain. Faktor pendukung dan penghambat guru dalam membentuk kecerdasan sosioemosional siswa SD Inpres Tesbatan yaitu: Faktor pendukung terdiri dari adanya kerja sama antar guru, dan ekstrakulikuler di sekolah. faktor penghambat guru dalam membentuk kecerdasan emosional terdiri dari siswa tidak menaati tata tertib di sekolah, siswa kurang percaya diri. Sesuai hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa membentuk kecerdasan sosioemosional di SD Inpres Tesbatan dilaksanakan dengan meliputi aspek mengenali emosi, mengelola emosi, memotivasi diri dan membina hubungan dengan orang lain, yang tidak terlepas dari peran guru sebagai pendidik, sebagai pembimbing maupun sebagai model dan teladan,di dalam prosesnya, terdapat faktor pendukung yakni kerja sama antar guru serta ekstrakulikuler,dan juga faktor penghambat yakni siswa tidak menaati tata tertib dan masih kurang percaya diri dalam pembentukan kecerdasan sosioemosional .
Kata kunci : peran guru, pembentukan kecerdasan, sosioemosional


Detail Information

Item Type
Penulis
Felpina Nubatonis - Personal Name
Student ID
1701140110
Dosen Pembimbing
Silvester P. Taneo - 19601126 198803 1 005 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Nub P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA