Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Tentang Cara Berpikir Kronologis Dalam Mempelajari Sejarah Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Sulamu

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Tentang Cara Berpikir Kronologis Dalam Mempelajari Sejarah Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Sulamu

XML

Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas X SMAN 2 Sulamu metode yang digunakan adalah penelitian tindahkan kelas (PTK) yang akan dilaksanakan dalam beberapa siklus berdasarkan kriteria ketuntasan Minimum subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMAN 2 Sulamu yang berjumlah 23 teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) Observasi yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan pengamatan langsung di kelas X IPS 1,(2) Tes digunakan untuk mengukur ketuntasan indicator hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model Learning Cycle (3) Dokumentasi untuk mendapatkan data mengynai nama siswa,motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat jumlah siswa sebanyak 22 orang, pada Siklus I siswa yang mencapai KKM berjumlah 15 orang dengan presentase 68%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 18 orang dengan persentase 94%, sedangkan siswa yang tidak mencapai KKM pada siklus I berjumlah 7 orang dengan persentase 31%, pada siklus II turun menjadi 1 orang dengan presentase 5% dan nilai rata-rata postes pada siklus I 70,68%, pada siklus II meningkat menjadi 83,78%. Kemudian observasi aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I dari persentases nilai rata-rata kelas 72%, pada siklus II meningkat menjadi 86,66%. Pengamatan terhadap kegiatan kinerja guru juga mengalami peningkatan pada Siklus I dari persentase nilai rata-rata 69,23%, pada Siklus II meningkat menjadi 89,23%. Berdasarkan hasil belajar dan hasil observasi pada Siklus I dan Siklus II di atas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa lebih aktif serta tidak merasa bosan selama proses pembelajaran berlangsung.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Learning cycle, Pembelajaran sejarah.


Detail Information

Item Type
Penulis
DEKRIS SIMSON DIMU - Personal Name
Student ID
1701090119
Dosen Pembimbing
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 19861029201903008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Ketua Penguji
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 198610292019031008 - Penguji 1
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 IMU
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA