Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Model Embelajaran Cooperative Learning Tipe Think, Talk Dan Write Materi Pokok Perkembangan Kolonialisme Dan Imperialisme Barat Di Kelas Xi Ips Sma Negeri Kot’olin
XMLMasalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses penerapan model pembembelajaran Cooperative Learning Tipe Think, Talk, dan Write untuk meningkatkan hasil belajar sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri Kot’olin? 2) Apakah pengaruh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think, Talk, dan Write terhadap hasil belajar sejarah kelas XI IPS SMA Negeri Kot’olin?.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan hasil belajar dalam mata pelajaran Sejarah melalui penerapan model pembelajaran Think, Talk, dan Write pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kot’olin. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI semester berjalan SMAN Kot’olin yang mengalami masalah dengan hasil belajarnya. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah Proses penggunaan model pembelajaran pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think, Talk, Dan Write dilakukan melalui beberapa kegiatan yaitu, 1) Kegiatan awal sebelum proses pembelajaran adalah dengan menyiapkan perangkat pembelajaran, sebagai berikut: silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi, LKPD, materi, dan instrumen evaluasi. 2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think, Talk, Dan Write pada siklus I mengalami peningkatan tetapi belum memenuhi standar KKM yang ditetapkan. Pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dalam hasil belajar, dari 33 peserta didik semuanya memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think, Talk, Dan Write pada siklus I mengalami peningkatan tetapi belum memenuhi standar KKM yang ditetapkan di SMA Negeri Kot’olin 1 sebesar 73. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dalam hasil belajar, dari 33 siswa semuanya memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Pada siklus II siswa cenderung lebih semangat dalam proses pembelajaran. Siswa juga menjadi lebih aktif berpikir, berdiskusi, dan menulis.
Kata Kunci: Sejarah, Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think, Talk, dan Write, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
SAMSIR EDISON NATTI - Personal Name
|
Student ID |
1701090106
|
Dosen Pembimbing |
FRANSINA APRILYSE NDOEN - 198608022014042001 - Dosen Pembimbing 1
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Ketua Penguji
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Penguji 1 FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Sejarah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 TTY
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |