Pengalaman Korban Cyberbullying Di Facebook (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengalaman Korban Cyberbullying Di Facebook (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana Kupang)

XML

Cyberbullying adalah salah satu fenomena yang terjadi akibat dari perkembangan internet juga teknologi informasi dan komunikasi. Perundungan maya atau cyberbullying terjadi melalui media elektronik khususnya sosial media yang memberikan ruang interaksi tak terbatas diantara para pengguna (user). Cyberbullying sendiri tergolong sangat meresahkan karena dapat terjadi setiap saat dan konten dari cyberbullying dapat tersebar dengan cepat. Hal ini menyebabkan cyberbullying semakin banyak terjadi dan mudah sekali untuk ditemukan di media sosial. Salah satu media sosial yang menjadi wadah penyebaran cyberbullying terbesar adalah pada media facebook. Facebook merupakan salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Dari fenomena cyberbullying tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk-bentuk dan dampak yang ditimbulkan dari cyberbullying berdasarkan pengalaman para korban khususnya pada mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Nusa Cendana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk-bentuk cyberbullying yang terjadi di facebook adalah Peretasan akun (hacking), Flaming, Denigration, Impersonation, dan Trickery. Flaming menjadi bentuk cyberbullying yang paling banyak terjadi. Kedua, dampak-dampak yang terjadi pada korban cyberbullying dominan pada dampak psikologis yaitu dampak pada aspek afektif dan konatif. Pada aspek afektif meliputi timbulnya rasa marah, takut, stress, tidak percaya diri,tidak percaya orang lain, gelisah, sedih, kecewa. Pada aspek konatif para korban cenderung melakukan tindakan untuk menghilangkan cyberbullying yang didapatkan dengan menutup akun, memblokir akun milik pelaku dan mengurangi penggunaan facebook.


Detail Information

Item Type
Penulis
Angelina Mbupu - Personal Name
Student ID
1803050067
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
70201 Mbu P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA