Analisis Kesulitan Belajar Dalam Memecahkan Masalah Fisika Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Kesulitan Belajar Dalam Memecahkan Masalah Fisika Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Kota Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar, faktor penyebab dan upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar dalam memecahkan masalah fisika pada materi hukum newton tentang gerak pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Kupang. Jenis penelitian ini yaitu desriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 26 orang siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Kupang.
Penentuan responden dipilih berdasarkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada materi Hukum Newton tentang gerak. Skor yang diperoleh siswa dikelompokkan berdasarkan kategori tinggi,sedang dan rendah. Penggolongan kategori ini berdasarkan perhitungan dari nilai rata-rata dan standar deviasi yaitu 32,91 dan 13,12. Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes kesulitan belajar dalam memecahkan masalah dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Jumlah siswa pada kategori tinggi 3 orang, kategori sedang 20 orang dan kategori rendah 3 orang.
Dengan demikian kemampuan siswa dalam memecahkan masalah Fisika pada materi hukum newton tentang gerak masih tergolong sedang. Berdasarkan hasil analisis diperoleh dari hasil tes pada tahap pertama presentase kesulitan dan penafsiran data siswa yaitu pada umumnya mengalami kesulitan, pada tahap kedua sebagian besar mengalami kesulitan, pada tahap ketiga pada umumnya mengalami kesulitan dan pada tahap keempat pada umumnya mengalami kesulitan. Adapun faktor penyebabnya adalah siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal yang diberikan,tidak mengingat simbol, tidak mengingat rumus,siswa kebingungan dalam menentukkan persamaan serta kurang teliti dalam perhitungan serta kebingungan dalam proses pengerjaannya, kurangnya waktu dan siswa tidak membaca dan memeriksa kembali jawaban yang telah dituliskan di lembar jawaban.
Kata kunci: kesulitan belajar,kemampuan memecahkan masalah, Hukum Newton tentang gerak


Detail Information

Item Type
Penulis
Fransiska Ferlita Ina - Personal Name
Student ID
1901050097
Dosen Pembimbing
Vinsensius Lantik, S.Pd., M.Pd. - 19790129 200812 1 001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Drs. Fakhruddin, M.Si - 19681226 199403 1 002 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Ina A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA