Penerapan Model Inkuiri Dalam Pembelajaran Tentang Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDN Baudaok Kabupaten Belu

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Inkuiri Dalam Pembelajaran Tentang Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDN Baudaok Kabupaten Belu

XML

Masalah pokok yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 2 pembelajaran 1. Berdasarkan masalah yang ditemukan maka rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa tentang tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 melalui penerapan model inkuiri di kelas IV SDN Baudaok dengan tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 melalui penerapan model inkuiri di kelas IV SDN Baudaok.
Pada penelitian ini dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan tahap perencanaan,tahap pelaksaan,tahap observasi dan tes, tahap refleksi. Data penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan diperoleh melalui tes diakhir pembelajaran pada silkus I dan II. Sedangkan pada proses pelaksanaan pembelajaran oleh guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran diperoleh dengan lembar observasi.
Hasil Penelitian menunjukkan, dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbukti meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil pengamatan aktivitas guru dengan skor yang diperoleh pada siklus I yaitu 67,85%, dengan kriteria baik. Skor yang diperoleh pada siklus II yaitu 85,71%, dengan kriteria sangat baik. Hasil pengamatan aktivitas siswa dengan skor yang diperoleh pada siklus I yaitu 66,07%, dengan kriteria baik. Skor yang diperoleh pada siklus II yaitu 83,92%, dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar (tes) pada siklus I hanya 8 siswa (66,66%) yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), sedangkan 4 siswa (33,33%) belum tuntas. Pada siklus II sebanyak 11 siswa (91,66%) yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan 1 siswa (8,33%) belum tuntas. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 2 pembelajaran 1.

Kata Kunci: Model Inkuiri, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Bernadete Renita Ikis - Personal Name
Student ID
1701140092
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 IKI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA