Analisis Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau Di Tiga Taman Di Kota Kupang (Studi Kasus: Taman Nostalgia, Taman Ina Bo’i dan Taman Tirosa)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau Di Tiga Taman Di Kota Kupang (Studi Kasus: Taman Nostalgia, Taman Ina Bo’i dan Taman Tirosa)

XML

Tujuan dari penelitian adalah mengetahui peran pemerintah dalam pengelolaan ruang terbuka hijau di tiga taman kota, mengetahui pelaksanaan tata kelola Ruang Terbuka Hijau di Tiga Taman Kota, mengetahui manfaat Ruang terbuka hijau di tiga Taman Kota (Taman Nostalgia, Ina Bo’I dan Taman Tirosa).
Penelitian ini dilaksanakan di Taman Nostalgia, Taman Ina Bo’I dan Taman Tirosa pada bulan oktober sampai November 2021 dengan jumlah responden sebanyak 384 di Tiga Taman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, angket (kuisioner), dokumen dan arsip. Dari data yang dikumpulkan dilakukan analisis data secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan Ruang Terbuka Hijau di tiga Taman kota oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang memaparkan empat aspek yaitu, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Pelaksanaan tata kelola Ruang Terbuka Hijau ditiga taman kota terdapat beberapa penjabaran konsep yaitu, lokasi taman kota disesuaikan dengan arahan RTRWK (Rencana Tata Ruang Wilayah Kota) dan tetap memperhatikan taman kota yang telah ada saat ini. Kegiatan yang dikembangkan merupakan perpaduan antara kepentingan ekologi, wisata keluarga dan olahraga secara terbatas. Jenis tanaman yang dikembangkan lebih diutamakan pada tanaman khas/lokal dan tanaman yang memiliki nilai estetika dan tanaman peneduh. Dalam manfaat RTH bagi pengunjung sebanyak 24% masyarakat dapat berkumpul bersama teman dan keluarga, 21% menikmati pemandangan dan refresing, 15% mengurangi stress dari pekerjaan, 14% dapat memperoleh udara segar dan dapat berolahraga serta 12% menikmati suasana taman.

Kata Kunci : Ruang terbuka Hijau, Taman Nostalgia, Taman Ina Bo’i, Taman Tirosa, Pengelolaan,


Detail Information

Item Type
Penulis
DESTINA Y. KOROH - Personal Name
Student ID
1604070027
Dosen Pembimbing
MAMIE ELSYANA PELLONDO'U - 198211062006042001 - Dosen Pembimbing 1
ASTIN ELISE MAU - 198708072015042002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mamie Elsyana Pellondo'U - 198211062006042001 - Ketua Penguji
Astin Elise Mau - 198708072015042002 - Penguji 1
FADLAN PRAMATANA - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54251
Edisi
Published
Departement
Kehutanan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.51 KOR A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA