Pengembangan Video Pembelajaran Kimia Berbasis Kinemaster Pada Materi Pembelajaran Sistem Koloid Untuk Kelas XI SMA/MA

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Video Pembelajaran Kimia Berbasis Kinemaster Pada Materi Pembelajaran Sistem Koloid Untuk Kelas XI SMA/MA

XML

Penelitian ini dengan judul pengembangan video pembelajaran berbasis kinemaster sebagai sumber belajar peserta didik kelas XI MIA pada materi sistem koloid di SMA, bertujuan untuk mengetahui wujud hasil pengembangan video pembelajaran pada materi sistem koloid agar mampu menjadi media yang efektif dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui kelayakan pengembangan video pembelajaran pada materi sistem koloid di SMA. Pengembangan video pembelajaran yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengikuti alur atau langkah-langkah model rancangan dari Dick and Carrey dengan sedikit penyesuaian. Prosedur yang ditempuh disederhanakan menjadi 4 tahap, yaitu : (1) menentukan materi yang akan dikembangkan, (2) melaksanakan desain dan pengembangan, (3) memproduksi video pembelajaran, dan (4) Melakukan evaluasi formatif dan merevisi produk pengembangan. Uji coba terhadap produk video pembelajaran terdiri dari uji perorangan yang terdiri dari 3 orang, uji kelompok kecil 9 orang dan uji kelompok besar 30 orang mahasiswa semester satu pendidikan kimia Universitas Nusa Cendana Kupang, tetapi sebelum melakukan uji perorangan, terlebih dahulu dilakukan validasi oleh tiga orang ahli yaitu ahli instrumen, ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian ahli instrumen terhadap angket butir-butir indikator penilaian pada angket tersebut termasuk kategori sangat baik dengan persentase keidealan keseluruhan 88,57%. Hasil validasi ahli materi dan ahli media terhadap kelayakan video pembelajaran ini, memiliki kategori sangat baik dengan persentase keidealan keseluruhan berturut-turut 86,33% dan 87,5%. Hasil penilaian uji perorangan terhadap video pembelajaran ini sangat baik dengan persentase keidealan 92%, uji kelompok kecil 93,11%, dan uji kelompok besar terhadap video pembelajaran ini sangat baik dengan persentase keidealan 92,90%.Berdasarkan hasil penilaian uji ahli dan uji coba yang terdiri atas uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar terhadap video pembelajaran pada materi sistem koloid di SMA ini layak digunakan.

Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Sistem Koloid, Uji kelayakan


Detail Information

Item Type
Penulis
Samuel Toni - Personal Name
Student ID
1601060098
Dosen Pembimbing
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 1
JOHNSON N NAAT - 198511202008121003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sudirman - 197008172006041022 - Ketua Penguji
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Penguji 1
Johnson N Naat - 198511202008121003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Kimia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 Lol P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA