Perancangan Kantor DPRD Alor Di Batunirwala Dengan Pendekatan Arsitektur Neo-Vernakular

Detail Cantuman

Skripsi

Perancangan Kantor DPRD Alor Di Batunirwala Dengan Pendekatan Arsitektur Neo-Vernakular

XML

Pulau Alor atau yang dikenal dengan negeri seribu moko, menyimpan banyak warisan dunia seperti kampung adat Takpala yang terkenal sampai ke mancanegara. Dengan beragam budaya, adat-istiadat, karya seni dan kesibukan namun dipererat dengan satu tarian adat yaitu lego-lego tarian adat kami orang alor. Kultur yang tersimpan dan diwariskan turun-temurun menjadi nilai budaya yang perlu di lestarikan oleh kami, dengan cara membuat konsep-konsep karya desain yang bercirikhas.
Perkembangan penataan infrastruktur dan pembagunan potensi daerah pada masa jabatan Presiden Jokowi Dodo dalam masa dua kali jabatan ini mulai berfokus di Indonesia bagian timur. Kabupaten Alor adalah salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Timur yang ikut merasakannya, dilihat dari mulai terbagunnya Kantor Bupati Alor, Pasar Kadelang, Pasar Tabakar, Tempat Wisata Keluarga di Mali, dan lain sebagainya.
Rencana pembagunan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Alor rencananya akan di bagun ulang, oleh karena itu saya mengambil itu sebagai judul tugas akhir agar dapat memenuhih syarat kelulusan dari Fakultas Sains Dan Teknik Universitas Nusa Cendana.
Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Sedangkan metode pengolahan data yaitu dengan cara analisis fisik dan non-fisik yang menghasilkan konsep perancangan dan hasil rancangan. Metode perancangan yang digunakan yaitu metode glass box.
Konsep Arsitektur NeoVernakular memiliki landasan dalam perancangan dengan menerapkan prinsip-prinsip Arsitektur NeoVernakular, seperti: (1.Memiliki hubungan langsung 2.Memiliki hubungan abstrak 3.Memiliki hubungan landscape 4.Memiliki hubungan kontemporer 5.Memiliki hubungan masa depan)

Kata kunci : Kantor Dewan Perwakilan Daerah (DPRD), Kabupaten Alor dan Arsitektur Neo-vernakular.


Detail Information

Item Type
Penulis
SEMIANRI LUKAS AHALFANI - Personal Name
Student ID
1706090112
Dosen Pembimbing
APLIMON JEROBISONIF - 197704042006041002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Yohanes Wilhelmus Dominikus Kapilawi - 197406252008121003 - Ketua Penguji
Aplimon Jerobisonif - 197704042006041002 - Penguji 1
Ariency Kale Ada Manu - 196802231998021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
23201
Edisi
Published
Departement
Arsitektur
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
232.01 AHA P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA