Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With A Question Dalam Pembelajaran Tentang Energi Dan Perubahannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas Iv Sd Negeri Kuasaet Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With A Question Dalam Pembelajaran Tentang Energi Dan Perubahannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas Iv Sd Negeri Kuasaet Kota Kupang

XML

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD Negeri kuasaet Ini menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tentang energi dan perubahannya. Penelitian tindakan kelas ini memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes, serta refleksi. Subjek dalam penelitian berjumlah 17 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki serta 6 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah teknik observasi dan tes sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I Terdapat 14 orang peserta didik yang tidak tuntas sedangkan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 3 orang dengan persentase ketuntasan sebesar 17,4%, Persentase ketuntasan pada hasil observasi peserta didik sebesar 47,1% , Sedangkan persentase Ketuntasan pada data hasil observasi guru adalah 73,61% dengan skor yang didapat peneliti adalah 53 dari total skor 72 . Pada siklus 2 jumlah peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 100% dengan total 17 peserta didik tuntas, persentase ketuntasan pada data hasil observasi peserta didik meningkat menjadi 100%, Sedangkan persentase ketuntasan pada data hasil observasi guru adalah 90,98% Dengan skor yang didapat peneliti adalah 65,5 dari total skor 72.
Seluruh subjek dalam penelitian tindakan kelas ini dinyatakan telah Mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) Dan juga telah mencapai hasil belajar yang diinginkan baik dalam aspek afektif yaitu berani santun disiplin serta bertanggung jawab, aspek kognitif yaitu pengetahuan tentang energi dan perubahannya serta aspek psikomotor berupa laporan hasil percobaan

Kata kunci : Model Learning Start With A Question (LSQ), Energi dan perubahannya,
Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Imanuel Herlimus Leba - Personal Name
Student ID
1801140068
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Uel P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA