Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII B UPTD SMP Negeri 9 kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII B UPTD SMP Negeri 9 kupang

XML

Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan tes diberikan untuk melihat tingkat keberhasilan siswa dari suatu materi yang diaajarkan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa akan meningkat ,jika model pembelajara inkuiri terbimbing diterapkan dengan benar pada siswa kelas VIIIB UPTD SMP Negeri 9 Kupang Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan terdapat 5 siswa dari 24 siswa atau sekitar (21%) yang hasil belajarnya memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM) dan 19 siswa dari 24 siswa hasil belajar mereka belum mencapai KKM, kemudian pada siklus 1 terdapat 14 siswa dari 24 siswa atau sekitar (58%) yang tidak memenuhi KKM dan 10 siswa dari 24 siswa atau sekitar (42%) memenuhi KKM. Pada siklus 2 terdapat 20 siswa dari 24 siswa atau sekitar (83%) telah memenuhi KKM dan 4 siswa dari 24 siswa atau sekitar (16%) tidak mencapai KKM.
Berdasarkan hasil penelitian mulai dari kondisi awal, siklus 1 dan siklus 2 sudah terjadi peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIB UPTD SMP Negeri 9 Kupang Tahun Ajaran 2022/2023.

Kata Kunci : Model pembelajaran,Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
vebronia merlin kaesnube - Personal Name
Student ID
1801080054
Dosen Pembimbing
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Dosen Pembimbing 1
Markus U. K. Yewang - 196412231994031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Ketua Penguji
MARKUS UMBU K YEWANG - 196423121994031002 - Penguji 1
ERIKA FERONIKA Br SIMANUNGKALIT - 199212222019032017 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 kae P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA