Skripsi
PERAN ORANG TUA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA METODE PEMBELAJARAN DARING SMK NEGERI 2 WAINGAPU
XMLPenelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan aktivitas belajar anak, dan cara orang tua memberikan bimbingan kepada anak saat belajar daring pada masa pandemi Covid-19 di SMK Negeri 2 waingapu. Jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian 215 siswa kelas X SMK Negeri 2 Waingapu, (Jurusan Konstruksi gedung, Sanitasi dan perawatan, konstruksi jalan, irigasi dan jembatan, teknik kendaraan ringan otomotif, dan teknik computer dan jaringan). Teknik sampel dengan proporsional stratifide purposive random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan kuesioner.Teknik analisis data dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian pertama, menunjukkan bahwa terdapat 23 responden atau 46% menyatakan peran orang tua terhadap pembelajaran daring dikategorikan rendah (RD), sisanya 16 siswa atau 32% menyatakan tinggi (TG), 8 siswa atau 16% menyatakan sangat tinggi (ST) dan 3 siswa atau 6% menyatakan Sangat Rendah (SRD). Sedangkan hasil penelitian kedua, menunjukkan bahwa terdapat 19 siswa atau 38% menyatakan bahwa metode pembimbingan orang tua baik (B), sisanya 7 atau 14% menyatakan sangat baik (SB), 18 atau 36% siswa menyatakan tidak baik (TB), dan 6 siswa atau 12% menyatakan sangat tidak baik (STB).
Kata Kunci: Peran, Orang Tua,Pembelajaran Daring
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Simson Ranja Wali - Personal Name
|
Student ID |
1701110070
|
Dosen Pembimbing |
Asrial - 196111051990031001 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Dr. Paul G. Tamelan,M.Si - 19670225 199203 1 001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
83205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
pendidikan teknik bangunan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
832.05 ALI P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |