Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Ekosistem Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Di Kelas V SDN Oerantium Kabupaten Amarasi Barat

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Ekosistem Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Di Kelas V SDN Oerantium Kabupaten Amarasi Barat

XML

Skripsi oleh Zogara, Sariyati Ina NIM 1601140152 (2022). Dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Ekosistem Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning”. Dengan masalah bagaimana meningkatan hasil belajar siswa tentang ekosistem menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning di kelas V SD Negeri Oerantium. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes teknik analisis data yakni analisis deskriptif kualitatif dengan subyek berjumlah 20 orang dengan rincian siswa laki-laki 9 orang dan siswa perempuan 11 orang.
Penelitian ini diadakan di SDN Oerantium, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, sebanyak 13 siswa (65%) dari 20 subyek tuntas dengan nilai 63,95 karena selalu memusatkan perhatian, selalu aktif dalam kelas, selalu mengerjakan tugas, dan tertib pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Sedangkan 7 orang lainnya dari 20 subjek ( 35%) belum mencapai standar ketuntasan karena siswa kurang memusatkan perhatian ketika sedang berdiskusi, belum tepat menyusun susunan urutan jaring-jaring makanan, kurang percaya diri dalam menyampaiakan hasil kerja, dan kurang aktif dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat. Yakni dari 20 subjek, 18 siswa tuntas dengan persentase nilai 90% karena selalu memusatkan perhatian, aktif dalam kelas, lebih percaya diri pada saat berdiskusi dan menyampaikan hasil diskusi, selalu mengerjakan tugas, dan tertib pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Sedangkan 2 siswa lainnya belum tuntas karena masih kurang percaya diri dan kurang aktif.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan materi ekosistem, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan peneliti.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Ekosistem, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Sariyati Ina Zogara - Personal Name
Student ID
1601140152
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Zog P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA