DAMPAK ADANYA TEMPAT PARIWISATA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Oetuke Kecamatan Kolbano Kabupaten Timor Tengah Selatan)

Detail Cantuman

Skripsi

DAMPAK ADANYA TEMPAT PARIWISATA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Oetuke Kecamatan Kolbano Kabupaten Timor Tengah Selatan)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Dampak Adanya Tempat Pariwisata Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Oetuke Kecamatan Kolbano Kabupaten Timor Tengah Selatan. Penelitian ini dikaji atau dijelaskan melalui aspek sosial dan aspek ekonomi. Informan dalam penelitian ini berjumlah duabelas orang yaitu sepuluh orang yang berjualan di wisata pantai oetuke, satu orang aparat Desa, dan satu orang Tokoh Adat. Teknik penentuan informan adalah Purposive Sampling atau sampling bertujuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dengan informan mengenai Dampak Adanya Tempat Pariwisata Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat, studi relevan berkaitan dengan penelitian ini serta dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Social and Economic Impact analisis Adam Smith. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keberadaan Wisata Pantai Oetuke memberi ruang bagi masyarakat Desa Oetuke untuk berjualan disekitar Wisata Pantai Oetuke tersebut. Jenis jualan mulai dari barang kios, ketupat dan ikan goreng, laruh putih, air aqua dan rokok, biscuit dan camilan lainnya, serta batu dan pasir warna juga disediakan. Bagi pemilik kendaraan disiapkan pula tempat parkir yang dijaga oleh petugas yang sudah disiapkan oleh Wisata Pantai Oetuke tersebut. Keberadaan Desa Oetuke yang diubah menjadi tempat wisata dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Oetuke kususnya. Selain itu pula, terjadi proses sosial dalam bentuk interaksi antara pengunjung dan masyarakat setempat. Serta perilaku kekotaan yang tercermin pada penggunaan anting-anting bagi laki-laki, dan penggunaan celana pendek dan baju pendek bagi perempuan. Perilaku membuang sampah tidak pada tempatnya juga turut mendapat perhatian. Budaya kebersamaan selalu mewarnai hidup masyarakat Desa Oetuke pada umumnya.

Kata kunci : Dampak, Pariwisata, Sosial, Ekonomi


Detail Information

Item Type
Penulis
Randi R.D Tlonaen - Personal Name
Student ID
1703030163
Dosen Pembimbing
SYAMSURYADI - 195712111989011001 - Dosen Pembimbing 1
LENNY SOFIA BIRE MANOE - 198009152005012003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Syamsuryadi - 195712111989011001 - Ketua Penguji
Lenny Sofia Bire Manoe - 198009152005012003 - Penguji 1
Hildigardis M I Nahak - 197905012006042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Tlo D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA