Skripsi
Penggunaan Teknik Bernyanyi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sd Negeri Afalsia Kabupaten Alor
XMLSkripsi oleh Leo, Adonia NIM 1601140190 (2022). Dengan judul “Penggunaan Teknik Bernyanyi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II SD Negeri Afalsia Kabupaten Alor”. Dengan masalah bagaimana penggunaan teknik bernyanyi dalam meningkatkan ketrampilan berbicara di kelas II SD Negeri Afalsia Kabupaten Alor. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni Teknik observasi, Teknik tes dan Studi Dokumentasi analisis data yakni kualitatif dan kuantitatif dengan subyek berjumlah 21 orang dengan rincian siswa laki-laki 10 orang dan siswa perempuan 11 orang.
Penelitian ini diadakan di SD Negeri Afalsia, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, anak dapat berbicara dengan jelas yang sangat baik terdapat 38, 09 %. Anak dapat mengungkapkan bunyi huruf dan menunjukkan bunyi huruf dan menunjukkan lambang dan bunyi huruf, yang sangat baik terdapat 23,80%. Baik 23,80%, cukup 19,04%, kurang 33,03%, Anak dapat mengungkapkan pendapatnya yang sangat baik terdapat 38.09%, baik 19,04%. cukup 19,04%. kurang 23,80%. Anak dapat menjawab pertanyaan dari guru melalui kegiatan bernyanyi yang sangat baik terdapat 28,57%, baik 19,04%. cukup 33,03%. kurang 19,04%. Belum mencapai standar ketuntasan karena siswa kurang memusatkan perhatian ketika sedang berdiskusi, kurang percaya diri dalam bernyanyi didepan, dan kurang aktif dalam pembelajaran yang diberikan oleh guru. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat. Yakni dari 21, Anak dapat berbicara dengan jelas yang sangat baik 85,71%, baik 19,45%, cukup 0%, kurang 0%. Anak dapat mengungkapkan bunyi huruf dan menunjukan lambang dan bunyi huruf yang sangat baik 76,19%, baik 23,80%, cukup 0%, kurang 0%. Anak dapat mengungkapkan pendapatnya yang sangat baik 80,95%, baik 19,04%, cukup 0%, kurang 0%. Anak dapat menjawab pertanyaan dari guru melalui kegiatan bernyanyi yang sangat baik 71,42%, baik 23,80%, cukup 4,76%, kurang 0%]. karena selalu memusatkan perhatian, aktif dalam kelas, lebih percaya diri pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, menggunakan artikulasi dengan tepat. Sedangkan 1 siswa yang masih belum cukup karena masih kurang tepat dalam penggunaan artikulasi
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan teknik bernyanyi untuk meningkatkan keterampilan berbicara, dapat meningkatkan hasil keterampilan siswa dan sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan peneliti.
Kata Kunci: Teknik Bernyanyi, Keterampilan berbicara,PTK
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Adonia Leo - Personal Name
|
Student ID |
1601140190
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Margaret Pula Elisabeth Djokaho - 198103012008122002 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1 Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Leo P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |