Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jerebuu Pada Materi Teorema Pythagoras

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jerebuu Pada Materi Teorema Pythagoras

XML

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 1 Jerebuu. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika adalah proses pembelajaran di kelas yang berpusat pada guru tanpa menggunakan media yang dapat membantu siswa untuk memvisualisasikan objek matematika yang bersifat abstrak. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jerebuu pada materi teorema pythagoras.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitiannya adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jerebuu. Dengan menggunakan teknik sampling jenuh, diperoleh kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan video animasi dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional
Data yang diperoleh dari penelitian berdistribusi normal dan homogen. Sehingga uji hipotesis menggunakan uji Parametrik yaitu uji-t. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh bahwa nilai t_(hitung )= 2,21537 dan t_(tabel )= 1,69236dengan α=0.05 dan dk = 33. Karena nilai t_tabel≤t_hitung yang artinya hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan video animasi lebih tinggi dibanding dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan video berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jerebuu pada materi teorema pythagoras.

Kata Kunci : Video Animasi, Hasil Belajar Matematika


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIANA ORSELIN MASI - Personal Name
Student ID
1801030031
Dosen Pembimbing
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Magdalena Wangge - 19930315 201903 2 026 - Ketua Penguji
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 MAS P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA