Skripsi
IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMP N 16 KUPANG
XMLPenelitian ini akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 di SMP Negeri 16 Kupang Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang pada bulan Agustus dengan tujuan untuk meningatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 16 Kupang pada materi Pemanasan Global dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Leraning. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan siklus berulang dimana tiap siklusnya terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu : perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan kelas (action), observasi, dan refleksi (reflection). Instrument penelitain ini adalah hasil tes pada setiap akhir siklus, dan hasil observasi selama pembelajaran berlangsung. Model pembelajaran Problem Based Learning efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 16 Kupang materi Pemanasan Global. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan rata-rata kelas 60 % dengan ketuntasan klasikal 40% meningkat mencapai presentasi 77% dengan ketuntasan klasikal 93%. Aktivitas guru siklus I dari skor 65,17% meningkat mencapai skor 81,25% pada siklus II serta aktivitas siswa siklus I dari skor 62,5% meningkat mencapai skor 77,5% pada siklus II.
Kata kunci : implementasi, model pembelajaran Problem Based Learning dan hasil belajar siswa
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
APOLONIA TALIA ANDRAWATI - Personal Name
|
Student ID |
1801040034
|
Dosen Pembimbing |
MBING MaRIA IMAKULATA - 196507251993032001 - Dosen Pembimbing 1
ANDAM S ARDAN - 197205271999032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 1
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 And I
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |