PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SIWSA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 AMANUBAN TENGAH

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SIWSA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 AMANUBAN TENGAH

XML

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Amanuban Tengah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen . Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Amanuban Tengah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelax X IPS yang berjumlah 92 siswa. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sejumlah 64 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa yang diajarkan dengan model konvensional dan Kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa yaitu observasi, dokumentasi dan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Uji instrument penelitian yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, uji daya beda soal. Uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dan uji hipotesis (uji-t). Alat yang digunakan dalam analisis penelitian ini menggunakan software SPSS versi 16.0.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Amanuban Tengah dibuktikan dengan uji asumsi klasik data residual berdistribusi normal, linearitas dan homogenitas, nilai t hitung > t tabel (5.695>0,2461) dan signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.

Kata kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa


Detail Information

Item Type
Penulis
IRNA YORINCE TALAN - Personal Name
Student ID
1701080088
Dosen Pembimbing
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Dosen Pembimbing 1
Fernando Saragih - 199407232020121009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Ketua Penguji
Fernando Saragih - 196301271990031002 - Penguji 1
MARKUS UMBU K. YEWANG - 196412231994031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN EKONOMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 TAL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA