PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI TUMBUHAN (PLANTAE) DI KELAS X MIA SMAS KATOLIK THOMAS AQUINO GOLEWA

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI TUMBUHAN (PLANTAE) DI KELAS X MIA SMAS KATOLIK THOMAS AQUINO GOLEWA

XML

Penelitian ini telah dilaksanakan pada 03 sampai 09 Agustus 2022, di Desa Waeia, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar biologi materi tumbuhan (plantae) di kelas X MIA SMAS Katolik Thomas Aquino Golewa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian yaitu peserta didik kelas X MIA 2 SMAS Katolik Thomas Aquino Golewa dengan jumlah siswa-siswi 23 orang yang terdiri dari 7 orang laki – laki dan 16 orang perempuan. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan model Kemmis Taggart yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahapan – tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi dan test akhir setiap siklus. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada pelaksanaan siklus I, nilai ratarata siswa pada test akhir siklus adalah 68,04 dan persentase ketuntasan klasikal yaitu 43,5 % dengan kriteria ketuntasan belajar secara klasikal tidak tuntas, dan hasil analisis data persentase aktivitas guru dan aktivitas siswa yang dicapai yaitu 82% dan 82,4% dengan kriteria baik. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada test akhir siklus adalah 78,2 dan persentase ketuntasan klasikal yaitu 82,6% dengan kriteria ketuntasan belajar secara klasikal tuntas, hasil analisis data persentase aktivitas guru dan aktivitas siswa yang dicapai yaitu 91,25% dan 90,1% dengan kriteria baik sekali.

Kata Kunci : Learning Cycle 5E, Hasil Belajar, Materi Tumbuhan.


Detail Information

Item Type
Penulis
Petra Angelina Belu - Personal Name
Student ID
1801040024
Dosen Pembimbing
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 1
PAULUS TAEK - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Ketua Penguji
Paulus Taek - 19600626 1995121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Bel P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA