UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X BAHASA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER DI SMA NEGERI KABOLA

Detail Cantuman

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X BAHASA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER DI SMA NEGERI KABOLA

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran Sejarah khusunya materi masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha ke Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together). Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya penerapan model pembelajaran yang bervariasi oleh pendidik atau guru sehinggah peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh pun kurang memuaskan dalam mata pelajar Sejarah. Dengan menggunakan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik serta hasil belajar peserta didik, peserta didik dapat bekerja sama dengan baik peserta didik pun berani tampil dalam presentasi hasil kerja kelompok mereka. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), metode penelitian tindakan kelas sangat cocok untuk peneltian ini, karena penelitin dilakukan didalam kelas dan difokuskan pada permasalahan yang terjadi didalam kelas khususnya pada proses belajar mengajar, penelitian tindakan kelas juga memiliki karateristik yang sangat kuat yaitu bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang ditemukan didalam kelas. Dalam penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua tahap atau dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dengan adanya peneran model pembelajaran ini dapat diketahui bahwa penelitian tindakan kelas yang dilakukan menunjukan hasil yang baik bahwa adanya peningkatan yang dapat dilihat dalam presentase nilai setiap siklus yang diperoleh. Peningkatan hasil belajar 20 peseta didik dapat dilihat sebagai berikut, pada siklus I yang mencapai nilai KKM terdapat 6 orang dengan presentase (30%), yang belum mencapai KKM terdapat 14 orang dengan presentase (70%) dengan nilai rata-rata (61,75%). Hal ini meningkat pada siklus II dengan data sebagai berikut yang mencapai nilai KKM terdapat 18 orang dengan presentase (90%) yang belum mencapai KKM terdapat 2 orang dengan presentase (10%) dengan nilai rata-rata (80,25%). Hasil observasi peserta didik yang diperoleh pada siklus I mencapai 4,50% dan meningkat pada siklus II dengan perolehan mencapai 7,60%, hasil observasi kinerja guru pada siklus I mencapai 65% mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan mencapai 90%. Penerapan metode pembelajaran NHT dikatakan berhasil meningkatkan prestasi belajar peserta didik karena model pembelajaran NHT memiliki karateristik yang sangat berbeda dengan metode diskusi pada umumnya, metode pembelajaran NHT lebih membangun minat dan aktifitas belajar peserta didik. Dan bertujuan untuk meningkatkan prestasi, minat serta hasil belajar dari peserta didik.

Kata Kunci : Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran, NHT.


Detail Information

Item Type
Penulis
CLARINA OUWPOLY - Personal Name
Student ID
1701090091
Dosen Pembimbing
DELSY ASRIYANI DETHAN - 198212192014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 OLY U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA