Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Ekosistem Melalui Model Discovery Learning Di Kelas V Sd Inpres Nunbaun Delha Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Ekosistem Melalui Model Discovery Learning Di Kelas V Sd Inpres Nunbaun Delha Kupang

XML

Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa tentang ekosistem melalui model discovery learning di kelas V SD Inpres Nunbaun Delha Kupang? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa tentang ekosistem menggunakan model discovery learning di kelas V SD Inpres Nunbaun Delha Kupang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan mengambil lokasi di SD Inpres Nunbaun Delha. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B yang berjumlah 18 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I nilai rata-rata kelas adalah 58,3 meningkat menjadi 91,32 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan yaitu 16,6% pada siklus I menjadi 83% pada siklus II dengan peningkatan persentase sebesar 66,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning untuk materi ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V-B SD Inpres Nunbaun Delha Kupang.
Kata Kunci : Discovery Learning, Ekosistem, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
YAN WARITHA DJAMI RANE - Personal Name
Student ID
1601140109
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ran P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA