Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Alat Gerak Manusia dan Hewan Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas V SDN Oemoro Kabupaten Kupang
XMLBerdasarkan observasi dengan wali kelas V SDN Oemoro Kabupaten Kupang, menunjukkan bahwa hasil belajar IPA peserta didik masih rendah. Penyebab hal ini adalah kurang adanya ketertarikan siswa pada saat pembelajaran berlangsung karena pembelajaran yang kurang menarik perhatian sehingga siswa kurang berpartisipasi secara aktif dan membuat siswa cepat bosan selama proses pembelajaran. Pembelajaran IPA harus menerapkan model pembelajaran yang menarik agar siswa terlihat aktif saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran numbered head together terhadap hasil belajar IPA materi alat gerak manusia dan hewan tema 1 subtema 2 pembelajaran 1 kelas V SDN Oemoro Kabupaten Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre experimental design secara khusus penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one-group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini hasil perlakuan akan dibandingkan dengan keadaan sebelum diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Oemoro Kabupaten Kupang ya ng berjumlah 10 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik analisis tes menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi produc moment dan Releabilitas dengan rumus K.R. 20. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas dengan uji kolmogorov-smirnov, uji homogenitas menggunakan uji leven’s test, dandilanjutkan uji hipotesis dengan uji paired samples test.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian di peroleh hasil uji hipotesis dengann uji-t memiliki nilai t test sebesar 4,975 lebih besar (>) dari nilai t tabel pada taraf signifikansi 95% dan b.d (derajat kebebasan) 10 adalah 1,812. Jadi berdasarkan kriteria keputusan penerimaan/penolakan maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model numbered head together terhadap hasil belajar IPA materi alat gerak manusia dan hewan tema 1 subtema 2 pembelajaran 1 kelas V SDN Oemoro Kabupaten Kupang.
Kata Kunci: Numbered Head Together, Hasil Belajar, Alat Gerak Manusia dan Hewan
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Serli Meliana Benu - Personal Name
|
Student ID |
1801140053
|
Dosen Pembimbing |
Treesly Y.N. Adoe, S.Sos, M.Pd-NIDK. 8821723420 - - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Treesly Y.N. Adoe - - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2 Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Ben P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |