Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Alat Gerak Manusia dan Hewan Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas V SDN Oemoro Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Alat Gerak Manusia dan Hewan Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas V SDN Oemoro Kabupaten Kupang

XML

Berdasarkan observasi dengan wali kelas V SDN Oemoro Kabupaten Kupang, menunjukkan bahwa hasil belajar IPA peserta didik masih rendah. Penyebab hal ini adalah kurang adanya ketertarikan siswa pada saat pembelajaran berlangsung karena pembelajaran yang kurang menarik perhatian sehingga siswa kurang berpartisipasi secara aktif dan membuat siswa cepat bosan selama proses pembelajaran. Pembelajaran IPA harus menerapkan model pembelajaran yang menarik agar siswa terlihat aktif saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran numbered head together terhadap hasil belajar IPA materi alat gerak manusia dan hewan tema 1 subtema 2 pembelajaran 1 kelas V SDN Oemoro Kabupaten Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre experimental design secara khusus penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one-group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini hasil perlakuan akan dibandingkan dengan keadaan sebelum diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Oemoro Kabupaten Kupang ya ng berjumlah 10 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik analisis tes menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi produc moment dan Releabilitas dengan rumus K.R. 20. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas dengan uji kolmogorov-smirnov, uji homogenitas menggunakan uji leven’s test, dandilanjutkan uji hipotesis dengan uji paired samples test.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian di peroleh hasil uji hipotesis dengann uji-t memiliki nilai t test sebesar 4,975 lebih besar (>) dari nilai t tabel pada taraf signifikansi 95% dan b.d (derajat kebebasan) 10 adalah 1,812. Jadi berdasarkan kriteria keputusan penerimaan/penolakan maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model numbered head together terhadap hasil belajar IPA materi alat gerak manusia dan hewan tema 1 subtema 2 pembelajaran 1 kelas V SDN Oemoro Kabupaten Kupang.
Kata Kunci: Numbered Head Together, Hasil Belajar, Alat Gerak Manusia dan Hewan


Detail Information

Item Type
Penulis
Serli Meliana Benu - Personal Name
Student ID
1801140053
Dosen Pembimbing
Penguji
Treesly Y.N. Adoe - - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ben P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA