UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS1 SMA NEGERI 4 KUPANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH

Detail Cantuman

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS1 SMA NEGERI 4 KUPANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah setelah menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make A Match. (2) Meningkatkan hasi belajar siswa tentang materi pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative Learning tipe Make A Match pada siswa kelas X IPS1 SMA Negeri 4 Kupang. Lokasi dalam penelitian ini di SMA Negeri 4 Kupang dengan titik fokus penelitian pada kelas X IPS1 serta subjek dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjuakn bahwa dari hasil observasi dan hasil analisis nilai siswa sebelum penelitian menerapkan model pembelajaran Cooperative Lerning tipe Make A Match dari 36 siswa, terdapat 8 siswa yang nilainya tuntas atau mencapai KKM dengan presentase (22,21%) sedangkan 28 siswa yang belum mencapai standar KKM dengan presentase (77,78%). Test pada siklus I terdapat 15 siswa yang tuntas dengan presentase (41,66%). Ketuntasan belajar secara klasikal terjadi apabila nilai 90% atau lebih dari jumlah siswa kelas X IPS1 SMA Negeri 4 Kupang telah tuntas atau yang mencapai KKM >75. Dari hasil refleksi pada siklus I, ketuntasan belajar klasikal belum tercapai. Sehingga, peneliti melanjutkan ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis diketahui dari 36 siswa yang mengikuti evaluasi test, terdapat 34 siswa yang tuntas atau telah mencapai standar KKM dengan presentase ketuntasan (94,44%). Dari hasil tersebut peneliti menyatakan penelitian tindakan kelas dihentikan karena target ketuntasan telah tercapai dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make A Match berhasil meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas X IPS1 SMA Negeri 4 Kupang.

Kata Kunci : Belajar, Cooperative Learning tipe Make A Match


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA MARGARETHA TEWO - Personal Name
Student ID
1901090005
Dosen Pembimbing
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 EWO
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA