Skripsi
Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kupang
XMLPenelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kupang pada bulan Agustus dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa Kuesioner yang diukur menggunakan skala likert dan dokumentasi. Peneliti membuat kuesioner dan disebarkan pada 69 responden yang berasal dari Siswa-siswi Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kupang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada distribusi frekuensi intensitas penggunaan gadget oleh siswa 1 responden yang berada dikategori Sangat Rendah (1%),14 Responden berada dalam kategori Rendah (20%),37 responden berada dalam kategori Sedang (54%),10 responden berada dalam kategori Tinggi (14%), dan 7 responden berada dalam kategori Sangat Tinggi (10%). Sedangkan untuk intensitas tingkat motivasi belajar siswa juga mendapatkan skor tertinggi sebesar 39 dengan persentasenya 57% yang berada di kategori tinggi. Pada uji korelasi menggunakan analisis pearson correlation, mendapatkan hasil yang sama pada uji Regresi Linier Sederhana yaitu tingkat signifikansi 0,020 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi atau dengan kata lain ada pengaruh variabel Penggunaan gadget (x) terhadap variabel motivasi belajar (y). selanjutnya nilai F Hitung = 5.678 dan nilai Pearson Correlation 0,280 > r tabel 0,233, maka bentuk hubungannya adalah positif dan hubungan dari kedua variabel tesebut masuk ke dalam kategori sangat rendah. Dari output tersebut diperoleh koefesien determinasi (R Square) sebesar 0,078 atau 7,8% yang menunjukan bahwa pengaruh variabel bebas (Pengggunaan Gadget) terhadap variabel terikat (Motivasi Belajar) adalah sebesar 0,078 atau 7,8% sedangkan sisanya 92,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini, misalnya dalam aktivitas belajar seperti seperti suasana kelas, keadaan sosialnya siswa baik dirumah maupun disekolah dan lain sebagainya. Dengan demikian, penggunaan gadget memiliki pengaruh yang kecil terhadap motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Penggunaan Gadget dan Motivasi Belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MARIANA MANBAIT - Personal Name
|
Student ID |
1801040061
|
Dosen Pembimbing |
MBING MaRIA IMAKULATA - 196507251993032001 - Dosen Pembimbing 1
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
MARIO J. SANTRUM - 1961405241992031002 - Ketua Penguji
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 1 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 MAN P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |