Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kupang

XML

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kupang pada bulan Agustus dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa Kuesioner yang diukur menggunakan skala likert dan dokumentasi. Peneliti membuat kuesioner dan disebarkan pada 69 responden yang berasal dari Siswa-siswi Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kupang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada distribusi frekuensi intensitas penggunaan gadget oleh siswa 1 responden yang berada dikategori Sangat Rendah (1%),14 Responden berada dalam kategori Rendah (20%),37 responden berada dalam kategori Sedang (54%),10 responden berada dalam kategori Tinggi (14%), dan 7 responden berada dalam kategori Sangat Tinggi (10%). Sedangkan untuk intensitas tingkat motivasi belajar siswa juga mendapatkan skor tertinggi sebesar 39 dengan persentasenya 57% yang berada di kategori tinggi. Pada uji korelasi menggunakan analisis pearson correlation, mendapatkan hasil yang sama pada uji Regresi Linier Sederhana yaitu tingkat signifikansi 0,020 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi atau dengan kata lain ada pengaruh variabel Penggunaan gadget (x) terhadap variabel motivasi belajar (y). selanjutnya nilai F Hitung = 5.678 dan nilai Pearson Correlation 0,280 > r tabel 0,233, maka bentuk hubungannya adalah positif dan hubungan dari kedua variabel tesebut masuk ke dalam kategori sangat rendah. Dari output tersebut diperoleh koefesien determinasi (R Square) sebesar 0,078 atau 7,8% yang menunjukan bahwa pengaruh variabel bebas (Pengggunaan Gadget) terhadap variabel terikat (Motivasi Belajar) adalah sebesar 0,078 atau 7,8% sedangkan sisanya 92,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini, misalnya dalam aktivitas belajar seperti seperti suasana kelas, keadaan sosialnya siswa baik dirumah maupun disekolah dan lain sebagainya. Dengan demikian, penggunaan gadget memiliki pengaruh yang kecil terhadap motivasi belajar siswa.

Kata Kunci: Penggunaan Gadget dan Motivasi Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIANA MANBAIT - Personal Name
Student ID
1801040061
Dosen Pembimbing
MBING MaRIA IMAKULATA - 196507251993032001 - Dosen Pembimbing 1
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
MARIO J. SANTRUM - 1961405241992031002 - Ketua Penguji
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 MAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA