PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TAV 1 PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL DI SMK NEGERI 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TAV 1 PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL DI SMK NEGERI 2 KUPANG

XML

ABSTRAK
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TAV 1 PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL DI SMK NEGERI 2 KUPANG Lukas Wulang Danga Ratu * Dr.Yetursance Y. Manafe,ST.MT ** Ichsan Fahmi ST.,MT *** Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning pembelajaran pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital kelas X TAV 1 SMK Negeri 2 Kupang.(2) Mengetahui sejuah mana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jenis penelitian PTK yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK Eksperimental.Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas X TAV 1 Di SMK Negeri 2 Kupang dengan jumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa:. pre test terdapat 15 orang siswa mencapai presentasi ketuntasan (42,86%) dan 20 siswa belum mencapai ketuntasan (57,14%) Nilai rata-rata 65,85 . Siklus I dapat diketahui yaitu siklus I terdapat nilai rata – rata (72,85) dengan nilai presentase ketuntasan (74,28%) dari 26 siswa yang berhasil mencapai ketuntasan belajar sedangkan terdapat 9 siswa (25,72%) yang belum mencapai ketuntusan belajar ini disebabkan oleh siswa yang belum terbiasa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Sedangkan untuk hasil belajar pada siklus II menunjukkan bahwa siswa yang mencapai ketuntasan belajar terdapat 35 siswa dengan nilai rata - rata (89) dan nilai presentase ketuntasan siswa (100%). Dengan demikian disimpulkan bahwa: penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TAV 1 pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital dengan materi Menganalisis Pembuatan E-Book di SMK Negeri 2 Kupang berhasil Meningkakan hasil belajar siswa hingga mencapai indikator pencapaian kompetensi dan kategori Mencapai kriteria ketuntasan Minimal (KKM). Kata kunci :Penilitian Tindakan Kelas, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar * Penulis ** Pembimbing Utama *** Pembimbing Pendamping


Detail Information

Item Type
Penulis
Lukas Wulang Danga Ratu - Personal Name
Student ID
1601130033
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
ICHSAN FAHMI - 197705052005011004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Ketua Penguji
Ichsan Fahmi - 197705052005011004 - Penguji 1
CRISPINUS PAULUS TAMAL - 9900979841 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 Rat P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA