Skripsi
KOMUNIKASI KELOMPOK BELAJAR MENTOR DAN ANAK (Studi Kasus pada Pusat Pengembangan Anak Solagratia Kupang)
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang berlangsung antara mentor dan anak dan untuk mengetahui hambatan komunikasi dan strategi penyelesaian hambatan komunikasi yang terjadi antara mentor dan pada Pusat Pengembangan Anak Solagratia Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang terbentuk antara mentor dan anak di PPA Solagratia Kupang adalah pola komunikasi bimbingan, pola komunikasi bermedia, pola komunikasi informasi berkelanjutan, dan pola komunikasi sharing. Hambatan komunikasi yang terjadi adalah hambatan lingkungan dan hambatan pribadi, hambatan usia dan hambatan bahasa. Strategi penyelesaian hambatan bentuk penyelesaian yang dijadikan sebagai strategi agar komunikasi yang terjadi tetap efektif adalah dengan menggunakan komunikasi secara langsung, metode belajar dengan teman sejawat dengan memilih tiga anak untuk menjelaskan materi kepada teman satu kelompok belajar dan melakukan pembelajaran di luar kelas.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Aplonia Susana Nobrihas - Personal Name
|
Student ID |
1803050033
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Yeremia Dj. Manafe, S.Sos, M.Si - 19700303 200501 1 001 - Ketua Penguji
Emanuel S. Leuape, S.I.Kom., M.I.Kom - 198812262020121008 - - Penguji 1 Drs. Lukas Lebi Daga,M.Si - 195911121987021001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Komunikasi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
702.01 Nob K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |