PENGALAMAN KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA PESERTA PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA ANGKATAN 2021 (STUDI FENOMENOLOGI PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS NUSA CENDANA)

Detail Cantuman

Skripsi

PENGALAMAN KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA PESERTA PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA ANGKATAN 2021 (STUDI FENOMENOLOGI PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS NUSA CENDANA)

XML

Pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) adalah bentuk dari merdeka belajar – kampus merdeka yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas dan wadah perekat kebangsaan antar mahasiswa Indonesia, melalu pembelajaran antarbudaya. Dalam program tersebut, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan beradaptasi, soft skill dan kemampuan lainnya yang dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sehingga dapat bersaing dalam era globalisasi. Karena melibatkan mahasiswa se-Indonesia, maka program ini tidak terlepas dari perbedaan latar belakang dan budaya.Perbedaan tersebut mengakibatkan pengalaman setiap peserta yang terlibat di dalamnya unik dan menarik untuk didalami, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman komunikasi antarbudaya peserta pertukaran dan motifnya mengikuti program tersebut. Penelitian ini dikaji menggunakan metode fenomenologi dan dianalisi dengan teori Fenomenologi Alfred Schuzt serta menggunakan konsep seperti komunikasi antarbudaya dan pertukaran mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta melewati prosea adaptasi yang berbeda karena lingkungan yang beragam pula. Ditemukan adanya upaya untuk membangun relasi yang akrab dengan dosen, mahasiswa dan sesama peserta pertukaran. Dalam proses tersebut, penggunaan bahasa didominasi oleh bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional, didukung dengan bahasa daerah setempat sebagai selingan. Adanya tujuan dan kepentingan yang sama, saling mendukung, solidaritas dan persaudaraan ditemukan sebagai beberapa faktor yang mendukung proses komunikasi peserta pertukaran selama menjalani program. Namun, ditemukan pula faktor penghambatnya seperti Dialek dan latar belakang budaya yang masih menjadi mendominasi. Motif peserta PMM mengikuti program ini adalah karena perasaan tertarik pada program baru tersebut, adanya keinginan untuk mendapatkan pengalaman dan wawasan baru, ingin berdampak secara positif, serta manfaat yang diberikan kepada setiap peserta pertukaran mahasiswa merdeka.


Detail Information

Item Type
Penulis
CHIVLY FRESLIALDO NDOEN - Personal Name
Student ID
1803050031
Dosen Pembimbing
FERLY TANGGU HANA - 198202162010122001 - Dosen Pembimbing 1
MARIA YULITA NARA - 198905182019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ferly Tanggu Hana - 198202162010122001 - Ketua Penguji
MARIA YULITA NARA - 198905182019032024 - Penguji 1
Yermia Djefri Manafe - 197003032005011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Ndo C
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA