PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD INPRES PERUMNAS 2

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD INPRES PERUMNAS 2

XML

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Perumnas 2. Jenis Penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA di SD Inpres Perumnas 2 sebanyak 22 orang. Peneliti menetapkan sampel dalam penelitian sama denga populasi penelitian yaitu 22 orang. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa dokumentasi untuk pengambilah hasil belajar matematika siswa serta kuesioner bimbingan belajar orang tua. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji linearitas. Sedangkan uji hipotesis dengan analisis regresi linear sederhana, analisis korelasi product moment dan koefisien determinan.
Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara bimbingan belajar orang tua dan hasil belajar matematika siswa. Hasil analisis regresi sederhana menunjukan persamaan Y = 15.345 + 0,940X artinya jika variabel bimbingan belajar oraang tua (X) meningkat 1% maka menyebabkan peningkatan hasil belajar matematika sebesar 0,940. Hasil analisis korelasi (R) adalah 0,784 nilai ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara bimbingan belajar orang tua dan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan perhitungan hasil koefisien determinan diketahui bahwa koefisien determinan ( R^2 ) sebesar 0,615 atau (61,5%) artinya bimbingan belajar orang tua memberikan sumbangan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 61,5% sedangkan 38,5% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas pada penelitian ini. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Perumnas 2.
Kata Kunci: Bimbingan Belajar Orang Tua dan Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Khuzaimah Adyat Guhir - Personal Name
Student ID
1801140066
Dosen Pembimbing
Penguji
Dr. Wara Sabon Dominikus, M.Sc - 19670804 199303 1 003 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 GUH P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA