Skripsi
Pengaruh Penggunaan Model Ctl Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Di Kelas Vi Sd Inpres Perumnas 2 Kota Kupang
XMLContextual Teaching and Learning (CTL) atau model pembelajaran kontekstual adalah strategi yang digunakan guru untuk menyampaikan materi pelajaran melalui proses memberikan bantuan kepada siswa dalam memahami makna bahan pelajaran yang mereka pelajari dengan cara menghubungkannya dengan konteks kehidupan mereka sendiri dalam lingkungan sosial dan budaya masyarakat.
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Model CTL terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas VI SD Inpres Perumnas 2 Kota Kupang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan model CTL terhadap hasil belajar IPA siswa di kelas VI SD Inpres Perumnas 2 Kota Kupang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model CTL terhdapa hasil belajar IPA siswa di kelas VI. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quasi ekperimental design dengan rancangan nonequivalen kontrol group design.
Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Perumnas 2 Kota Kupang di kelas VI dimana kelas VIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas 11 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes. Hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 25.0. Dari haril perhitungan uji independent sample t-t yang telah dilakukan, didapatkan nilai sig. (2-tailed) yaitu 0.007 berarti 0.007 < 0.05 dan didapatkan nilai t hitung 3.002, sedangkan pada nilai t tabel 2.085. sehingga t hitung lebih besar dari t tabel (3.002 > 2.085) dan dapat dikatakan bahwa ada perbedaan antara nilai hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model CTL terhadap hasil belajar IPA siswa di kelas VI SD Inpres Perumnas 2 Kota Kupang.
kata Kunci: Model, CTL, Hasil, Belajar, IPA
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Siti Halima Tus' Adiyah - Personal Name
|
Student ID |
1801140024
|
Dosen Pembimbing |
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2 Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Tus P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |