Pengaruh Penggunaan E-Book Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Geografi Kelas Xi Sma Negeri 4 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan E-Book Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Geografi Kelas Xi Sma Negeri 4 Kupang

XML

Gagar, Drechindy 2022 pengaruh penggunaan e-book geografi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips geografi kelas XI SMA Negeri 4 Kupang, jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ,pembimbing Ⅰ Drs. Mikael Samin, M.Si Ⅱ: Bella Theo Tomi Pamungkas Spd., Mpd.

Pembelajaran geografi dianggap sebagai pembelajaran pelengkap. Banyak yang menghindari pelajaran geografi karna dianggap statis dan membosankan, karna itu perlu adanya perubahan dalam proses pembelajaran geografi pandang yang salah, sehingga dapat memotivasi siswa agar tertarik dengan pembelajaran goeografi sehingga menciptakan hasil belajar yang baik. Perubahan yang bisa dilakukan pada zaman milenial sekarang adalah menggunakan buku berbasis elektronik atau sering sebut degan e-book. Dengan adanaya e-book di zaman sekarang, sangat membantu siswa dalam mingkatkan hasil belajar, karena begitu banyak keunggulan yang didapatkan dari e-book.
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-book terhadap hasil belajar pada mata pelajaran geografi kelas XI di SMA Negeri 4 Kupang. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen bentuk pre-test post-test control grup design. Sampel penelitian ini siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kupang kelas XI IIS 3 XI IIS 6. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah test/uji T, data diolah menggunakan SPSS versi 20.
Hasil penelitian menunjukan adanya penggaruh penggunaan media e-book dalam pemebelajaran geografi kelas XI terhadap hasil belajar yang dicapai dengan materi Indonesia sebagai poros maritim. Dapat dilihat dari hasil rata-rata kelas eksperimen dan kelas control yang ditunjukan melalui hasil hipotesis yakni 4,759 > 1,995 dibuktikan dengan analisis yang menyatakan bahwa nilai sig α < yaitu 0,000 < 0,05 dan Thitung > Ttabel. Hal ini menunjukan bahwa Thitung > Ttabel, dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima.

Kata kunci : pembelajaran goeografi , penggunaan e-book, dan hasil belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1801100018
Dosen Pembimbing
MIKAEL SAMIN - 196209181990031003 - Dosen Pembimbing 1
BELLA THEO TOMI PAMUNGKAS - 199209042019031013 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mikael Samin - 196209181990031003 - Ketua Penguji
BELLA THEO TOMI PAMUNGKAS - 199209042019031013 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 Gag P
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA