Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Di Kelas IV SD Inpres Fatufeto 1 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Di Kelas IV SD Inpres Fatufeto 1 Kota Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Di SD Inpres Fatufeto 1 Kota Kupang tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian True Eksperimental Design dengan tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini berjumlah 34 siswa kelas IV A sebagai kelompok control dan kelas IV B sebagai kelompok eksperimen di SD Inpres Fatufeto 1 Kota Kupang. Treatment yang dilakukan pada kelas IV B sebagai kelompok eksperimen yaitu dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada tema 1 subtema 2 pembelajaran 1. Berdasarkan penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa : model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Fatufeto 1 Kota Kupang dengan hasil penelitian menunjukan bahwa Selisih prettest dan posttest pada kemampuan berpikir kritis siswa selisih skor kelompok eksperimen (M=48,53, SE=2,339), lebih tinggi dari selisih nilai pretest-posttest pada kelompok kontrol (M=45,59, SE=2,181) sedangkan selisih nilai pretest-posttest pada hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen (M=51.47, SE=2.560), lebih tinggi dari selisih nilai pretest-posttest pada kelompok kontrol (M=43.06, SE=1.794). Besar pengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa sebesar r (effect size) = 0,77 dengan 34% yang termasuk kedalam kategori efek menengah, sedangkan besar pengaruh pada hasil belajar siswa sebesar r (effect size) = 0,78 dengan 36% yang termasuk kedalam kategori efek menengah. Presentase peningkatan kemampuan berpikir kritis selisih nilai pretest – posttest pada kelompok eksperimen sebesar 40%, lebih tinggi daripada kelompok kontrol 24%. Presentase peningkatan hasil belajar siswa selisih nilai pretest – posttest pada kelompok eksperimen sebesar 40%, lebih tinggi daripada kelompok kontrol 24%.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
JIOSINTA ERISTER SELAN - Personal Name
Student ID
1701140030
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 SEL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA