Skripsi
Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Dari Rumah (BDR) Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Orang Tua Siswa Kelas 1 SD Inpres Onatali Tahun Ajaran 2020/2021, Kecamatan Rote Tengah, Kabupaten Rote Ndao)
XMLPenelitian ini berjudul “Peran Oran Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Dari Rumah (BDR) Di Masa Pandemic Covid-19 (Studi Kasus Pada Orang Tua Siswa Kelas 1 SD Inpres Onatali, Tahun Ajaran 2020/2021, Kecamatan Rote Tengah, Kabupaten Rote Ndao).” Adanya pandemi covid-19 pemerintah membuat suatu kebijakan tentang pemberlakuan pembatasan interaksi masyarakat sehingga berdampak besar terutama dibidang pendidikan yang ada Rote Ndao. Peraturan tersebut membuat kegiatan belajar anak tidak stabil, dan berdampak surut pada proses pembelajaran anak yang ada di Kelurahan Onatali khususnya anak Kelas 1 SD Inpres Onatali, tahun ajaran 2020/2021, kegiatan belajar mengajar disekolah tidak diperbolehkan lagi seperti biasanya. Kegiatan pembelajaran hanya boleh dilakukan dengan metode pembelajaran daring (online). Belajar mengajar secara daring(online) mengakibatkan sebagian orang tua tertekan dalam mendampingi anak apalagi orang tua kurang memahami karakter anak, orang tua merasa bahwa anak susah diatur, maunya main saja., maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah dimasa pandemic covid-19. Tujuan penelitian menganalisis peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dimasa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar Humanistik. Teknik yang digunakan dalam menentukan informan penelitian teknik purposive sampling yaitu 8 (Delapan) informan yaitu 8 orang tua siswa yang mendampingi anak belajar dimasa pandemi covid-19. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Proses pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian ini membahas tentang bagaimana peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah dimasa pandemic covid-19, di mana peran orang tua belum berjalan secara optimal, karena proses belajar mengajar ini mengharuskan orang tua untuk mengganti peran guru dalam hal ini orang tua harus sebagai pendorong, fasilitator, dan membimbing tentu adanya pengaruh di lihat dari latar belakang orang tua yang cuman lulusan sekolah dasar otomatis kesiapan orang tua dalam membimbing dan mengajari anak terhambat. Kesimpulan orang tua yang ada diKelurahan onatali belum mengoptimalkan perannya sebagai pendidik, pengajar bagi anaknya. Saran bagi orang tua diharapkan menyadari betapa pentingnya mendampingi anak belajar dari rumah, salah satunya dapat memberikan waktunya dalam mendampingi anak belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Ellen Dina Killa - Personal Name
|
Student ID |
1803030017
|
Dosen Pembimbing |
SUSANA C L PELLU - 197110222005012001 - Dosen Pembimbing 1
CHRISTINE ERIKA MEKA - 198501072008122004 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Susana C L Pellu - 197110222005012001 - Ketua Penguji
Christine Erika Meka - 198501072008122004 - Penguji 1 Herman Yosep Utang - 196602212006041001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
69201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Sosiologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
692.01 Kil P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |