Skripsi
Didactical Design Reseacrh (DDR) dalam Pembelajaran Aljabar di SMP
XMLReview ini bertujuan untuk mendeskripsikan didactical design research dalam pembelajaran aljabar di SMP, serta menyajikan rekomendasi terkait penerapan didcatical design research di masa depan. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode review artikel yang dilakukan dalam tiga tahap yaitu mengidentifikasi kata kunci yang berkaitan dengan didactical design research, menelusuri artikel, dan menganalisis artikel serta menyajikan rekomendasi penelitian.
Didactical design research merupakan suatu penelitian yang dapat mengungkapkan dan meminimalisir learning obstacle, berdasarkan respon siswa dan dapat menghasilkan rancangan pembelajaran beserta bahan ajar. Penerapan didactical design research diawali dengan melakukan uji learning obstacle untuk mengidentifikasi hambatan belajar yang dialami siswa, dan menyusun desain didaktis berupa bahan ajar dan desain pembelajaran berdasarkan hasil uji learning obstacle untuk diimplementasikan serta menyusun desain didaktis revisi untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran di kelas. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa didactical design research dapat meminimalisir dan mengatasi learning obstacle dan dapat dijadikan sebagai acuan ataupun sumber informasi dan gambaran secara mendalam terkait proses penerapan didactical design research dalam pembelajaran aljabar di SMP agar dapat ditindak lanjuti untuk penelitian di masa depan.
Kata Kunci: didactical design research, learning obstacle, aljabar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Dely Natalia Kiuk - Personal Name
|
Student ID |
1701030067
|
Dosen Pembimbing |
Nubatonis - - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Penguji 2
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 iuk D
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |