Peran Guru Ppkn Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Belajar Siswa Kelas X Ipa 1 Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sma Katolik Sint Pieter Waikabubak

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Guru Ppkn Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Belajar Siswa Kelas X Ipa 1 Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sma Katolik Sint Pieter Waikabubak

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran guru PPKn dalam meningkatkan karakter disiplin belajar siswa kelas X IPA 1 pada pembelajaran PPKn di SMA Katolik Sint Pieter Waikabubak, apa faktor-faktor
penyebab kurangnya karakter disiplin belajar siswa kelas X IPA 1 pada pembelajaran PPKn di SMA Katolik Sint Pieter Waikabubak, hambatanhambatan dalam meningkatkan karakter disiplin belajar siswa kelas X IPA 1 pada
pembelajaran PPKn di SMA Katolik Sint Pieter Waikabubak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Mendeskripsikan peran guru PPKn dalam meningkatkan karakter disiplin belajar siswa kelas X IPA 1 pada pembelajaran PPKn di SMA Katolik Sint Pieter Waikabubak, Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kurangnya karakter disiplin Belajar siswa kelas X IPA 1 pada pembelajaran PPKn di SMA Katolik Sint Pieter Waikabubak,
Mendeskripsikan hambatan-hambatan dalam meningkatkan karakter disiplin belajar siswa kelas X IPA 1 pada pembelajaran PPKn di SMA Katolik Sint Pieter Waikabubak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yaitu melakukan penelitian terhadap suatu objek dengan menggambarkan atau menganalisis data dan fakta yang didapatkan di lapangan, serta menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru PPKn, dan siswa-siswi kelas X IPA 1 SMA Katolik Sint Pieter Waikabubak. Hasil penelitian ini menunjukkan peran guru PPKn dalam Meningkatkan karakter disiplin belajar siswa yaitu sebagai pengajar atau pendidik, motivator, fasilitator dan Pembina. Faktor yang menyebabkan kurangnya karakter disiplin belajar siswa yaitu faktor malas, masalah keluarga, teman sekelilingnya dan kemajuan teknologi. Adapun hambatan-hambatan dalam meningkatkan karakter disiplin belajar siswa yaitu kesadaran siswa dalam menaati aturan masih rendah, dan fasilitas belajar di sekolah yang tidak memadai serta pembinaan sekolah dengan pembinaan di keluarga yang tidak sejalan.

Kata Kunci: Peran Guru, Karakter Disiplin Belajar, Pembelajaran PPKn


Detail Information

Item Type
Penulis
Vivin Satria Bodo Bulu - Personal Name
Student ID
1801070022
Dosen Pembimbing
MAKARIUS E BRIA - 199208112020121016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
MARIA L BRIBIN - 199305132019032025 - Ketua Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Penguji 1
MAKARIUS E BRIA - 199208112020121016 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 ulu P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA