EFEKTIVITAS PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DALAM MENINGKATKAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN BERLALU LINTAS DI KALANGAN ANAK REMAJA KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DALAM MENINGKATKAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN BERLALU LINTAS DI KALANGAN ANAK REMAJA KOTA KUPANG

XML

Sikap dan perilaku remaja Kota Kupang khususnya dalam mengendarai kendaraan bermotor tidak pernah memperhatikan keselamatan dan keamaman berlalu lintas baik drinya maupun pengendaraan lainnya. Hal ini bisa kita lihat dari disiplinnya berkendaraan, di mana kebanyakan remaja tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas, cenderung untuk melanggar peraturan lalu lintas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Sejauhmanakah efektivitas pelaksanaan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan berlalu lintas di kalangan anak remaja kota kupang? (2) Apa sajakah faktor penghambat pelaksanaan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan berlalu lintas di kalangan anak remaja kota kupang? Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan berlalu lintas di kalangan anak remaja kota kupang dan faktor penghambat pelaksanaan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan berlalu lintas di kalangan anak remaja kota kupang.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian yuridis empiris, Metode pendekatan menggunakan metode konseptual dan sosiolegal. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Pengolahan data berupa berupa pemeriksaan data, penandaan data, editing dan tabulasi yang digunakan secara yutidis kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aturan-aturan yang terdapat di
dalam undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan belum dikatakan efektiv dalam meningkatkan keselamaatan dan kemanan khususnya di kalangan remaja. Masih banyak pelanggaran-pelanggaran khususnya yang dilakukan oleh remaja. Adapun faktor penghambat efektivnya undangundang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan yaitu: (a) faktor penegak hukum yakni pihak-pihak yang membentuk hukum, (b) faktor fasilittas atau sarana, (c) faktor kebudayaan. Saran aparat kepolisian yangb berwenang harus mengadakan sosialisasi tentang persyaratan persyaratan berkendaraan bermotor dan rambu rambu lalu lints kepada masyarakat khususnya para remaja Kota Kupang.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1802010278
Dosen Pembimbing
SARYONO YOHANES - 196207121989021000 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dr. Ebu Kosmas, S.H.,M.Hum. - 19580225 198703 1 001 - Ketua Penguji
Dr.Saryono Yohanes, S.H., M.H - 19620712 198902 1 001 - Penguji 1
hernimus - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
ILMU HUKUM
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 Udj E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA