Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDI KASUS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 NUBATUKAN
XMLPenelitian tentang pengaruh model pembelajaran studi kasus terhadap kemampuan beripikir kristis siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Nubatukan. Telah dilaksanakan pada tanggal 08 agustus – 31 agustus 2022 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran studi kasus terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Nubatukan.
Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Dengan desain yang digunakan pretest-postest control group design. Yang mana menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen mengunakan model pembelajaran studi kasus dan kelas kontrol menggunakan model pembalajaran konvensional yang pengambilan sampelnya menggunakan teknik random sampel, dengan instrumen yang digunakan yaitu soal essay. Data yang dikumpulkan berupa hasil pretest-postest dari kedua kelas tersebut dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji t dengan didahulukan dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas.
Berdasarkan hasil perlakuan terhadap kedua kelas tersebut didapati nilai normalitas pretest-postest kelas eksperimen (0,057 > 0,05) dan (0,070 > 0,05) sedangkan pada uji homogenitas pada pretest kelas kontrol-eksperimen (0,638 >0,05) dan postest kelas kontrol-eksperimen (0,106 > 0,05) sehingga data berdistribusi normalitas dan homogen, serta rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis pada rata-rata pretest yaitu di kelas eksperimen 30,99 dan kontrol 32,12 yang mana berada pada kategori sangat rendah, sedangkan pada postest kelas eksperimen rata-ratanya 80,68 yang berada pada kategori tinggi dan kelas kontrol yaitu 70,32 berada pada kategori sedang, dan didukung oleh hasil uji hipotesis dengan hasilnya yaitu ada adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Nubatukan dengan atau tanpa model pembelajaran pada materi ekosistem. Hal tersebut terjadi karena pada model pembelajaran studi kasus di kelas eksperimen siswa dituntut lebih aktif dan mampu menganalisa suatu bentuk permasalahan yang ada namun pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dimana model ini hanya berpusat pada guru sehingga siswa pun belum terlihat dalam menganalisa suatu permasalahan.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Katarina Ratna Rahayu Langoday - Personal Name
|
Student ID |
1801040042
|
Dosen Pembimbing |
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 1
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 Lan P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |