PENINGKATAN KEMAMPUAN BERDEBAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTAL LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA N 2 KUPANG TENGAH TAHUN AJARAN 2022/2023

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERDEBAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTAL LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA N 2 KUPANG TENGAH TAHUN AJARAN 2022/2023

XML

Analisis peningkatan kemampuan debat siswa kelas X SMA N 2 Kupang Tengah melalui model pembelajaran Experiental Learning dilakukan dengan rumusan masalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Experiental Learning terhadap kemampuan berdebat siswa kelas X SMA N 2 Kupang Tengah dan bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran ini dalam meningkatkan kemampuan berdebat siswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar sosial. Model penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas II siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini berbentuk deskriptif kuantitatif dengan subjeknya adalah siswa kelas X SMA N 2 Kupang Tengah yang berjumlah 18 orang dan terdiri dari 6 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh langsung peneliti dari proses debat siswa. Beberapa jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) data tindakan guru dan siswa, (2) data hasil berdebat. Dilihat dari persentase ketuntasan klasikal dalam tahap pre tes 16,66%, dilanjutkan pada siklus I meningkat menjadi 50% dan pada siklus II kriteria ketuntasan klasikal mencapai 88,88% dengan kategori (sangat baik). Berdasarkan pencapaian tersebut, pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dilihat dari persentase hasil tindakan guru yang meningkat pada siklus II 94,54% dari siklus I 69,09%. Sedangkan hasil tindakan belajar siswa juga meningkat dari siklus I dengan persentase 56% meningkat menjadi 86% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Experiental Learning untuk meningkatkan kemampuan debat siswa kelas X SMA N 2 Kupang Tengah telah berhasil diterapkan.

Kata kunci: debat, Experiental Learning


Detail Information

Item Type
Penulis
NATALIA IRNA KEFI - Personal Name
Student ID
1901010005
Dosen Pembimbing
SEMUEL HAJAI NITBANI - 196105021989031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Alex Djawa - 196108051993031001 - Penguji 1
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
FKIP PENDIDIKAN SASTRA DAN BAHASA INDONESIA
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 KEF P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA