Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERDEBAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTAL LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA N 2 KUPANG TENGAH TAHUN AJARAN 2022/2023
XMLAnalisis peningkatan kemampuan debat siswa kelas X SMA N 2 Kupang Tengah melalui model pembelajaran Experiental Learning dilakukan dengan rumusan masalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Experiental Learning terhadap kemampuan berdebat siswa kelas X SMA N 2 Kupang Tengah dan bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran ini dalam meningkatkan kemampuan berdebat siswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar sosial. Model penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas II siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini berbentuk deskriptif kuantitatif dengan subjeknya adalah siswa kelas X SMA N 2 Kupang Tengah yang berjumlah 18 orang dan terdiri dari 6 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh langsung peneliti dari proses debat siswa. Beberapa jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) data tindakan guru dan siswa, (2) data hasil berdebat. Dilihat dari persentase ketuntasan klasikal dalam tahap pre tes 16,66%, dilanjutkan pada siklus I meningkat menjadi 50% dan pada siklus II kriteria ketuntasan klasikal mencapai 88,88% dengan kategori (sangat baik). Berdasarkan pencapaian tersebut, pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dilihat dari persentase hasil tindakan guru yang meningkat pada siklus II 94,54% dari siklus I 69,09%. Sedangkan hasil tindakan belajar siswa juga meningkat dari siklus I dengan persentase 56% meningkat menjadi 86% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Experiental Learning untuk meningkatkan kemampuan debat siswa kelas X SMA N 2 Kupang Tengah telah berhasil diterapkan.
Kata kunci: debat, Experiental Learning
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
NATALIA IRNA KEFI - Personal Name
|
Student ID |
1901010005
|
Dosen Pembimbing |
SEMUEL HAJAI NITBANI - 196105021989031002 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Alex Djawa - 196108051993031001 - Penguji 1 Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
FKIP PENDIDIKAN SASTRA DAN BAHASA INDONESIA
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
882.01 KEF P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |