PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN DI SMK NEGERI 4 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN DI SMK NEGERI 4 KUPANG

XML

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) adakah pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan kelas XI TKJ SMK Negeri 4 Kupang. (2) seberapa besar pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan kelas XI TKJ di SMK Negeri 4 Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen Semu atau Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini memiliki dua kelompok sebagai subjek penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data melalui tes awal dan tes akhir. Analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan data dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis dengan analisis regresi sederhana dan uji independent sample t-test dengan bantuan Statistic Product and Service Solution (SPSS). Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil analisis regresi sederhana diperoleh persamaan Y = 51,458 + 0,535X diperoleh thitung > ttabel (5,575 > 2,034) dan signifikansinya 0,000 < 0,05 maka ada pengaruh antara model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan kelas XI TKJ di SMK Negeri 4 Kupang. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R Squere) sebesar 0,252 atau 25,2% dan hasil uji independent sample t-test menunjukan bahwa thitung memiliki nilai sebesar 4,039 dan nilai ttabel 1,995. Oleh karena nilai thitung>ttabel (4,039>1,995) dan signifikansinya 0,000<0,05 maka ada pengaruh antara model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan kelas XI TKJ di SMK Negeri 4 Kupang. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R Squere) sebesar 0,252 atau 25,2% dan hasil uji independent sample t-test menunjukan bahwa thitung memiliki nilai sebesar 4,039 dan nilai ttabel 1,995. Oleh karena nilai thitung>ttabel (4,039>1,995) dan signifikansinya 0,000 <0,05. Maka model pembelajaran Learning Cycle 5E memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan kelas XI TKJ di SMK Negeri 4 Kupang. Kata Kunci : Learning Cycle 5E,Administrasi Sistem Jaringan


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Edelberti Dias - Personal Name
Student ID
1801130051
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
ICHSAN FAHMI - 197705052005011004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Ketua Penguji
Ichsan Fahmi - 197705052005011004 - Penguji 1
Louis Boesday - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 Dia P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA