Analisis Respons Struktur Akibat Gempa Dinamik Respons Spektrum Pada Gedung Bertingkat Dengan Variasi Kelas Situs

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Respons Struktur Akibat Gempa Dinamik Respons Spektrum Pada Gedung Bertingkat Dengan Variasi Kelas Situs

XML

Perencanaan gedung bertingkat rawan terhadap gaya gempa. Berdasarkan SNI 1726:2019, klasifikasi situs dibagi menjadi enam, yakni batuan keras (SA), batuan (SB), tanah keras (SC), tanah sedang (SD), dan tanah lunak (SE), dan tanah khusus (SF). Pada tiap kelas situs tersebut terjadi respons struktur yang nilainya berbeda-beda.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan respons struktur yaitu gaya geser dasar, perpindahan lateral, dan simpangan antar tingkat dari kelima kelas situs ketika terjadi gempa. Gedung yang diteliti adalah Gedung A dan Gedung B yang dengan jumlah lantai pada kedua gedung sebanyak 10 lantai dan difungsikan sebagai kantor dengan panjang dan lebar yang sama yaitu 15 m dan tinggi tiap tingkat sebesar 4 m. Analisis perhitungan struktur gedung menggunakan program ETABS 2016. Perencanaan beban gempa menggunakan analisis statik ekivalen dan analisis dinamik respons spektrum
Hasil dari penelitian ini menunjukkan gaya geser dasar pada Gedung A dan Gedung B pada kelas situs SA dan kelas situs SB nilainya berdekatan, hal ini terjadi dikarenakan kedua kelas situs tersebut memiliki nilai SD1 sama yaitu 0.203973. Gaya geser dasar pada kelas situs SC, kelas situs SD, dan kelas situs SE dari Gedung A dan Gedung B mengalami peningkatan yang sama yaitu secara berturut-turut sebesar 88%, 140%, 209% terhadap kelas situs SB. Perpindahan lateral Gedung A pada kelas situs SA dan kelas situs SB nilainya berdekatan, hal ini terjadi dikarenakan kedua kelas situs tersebut memiliki nilai gaya geser dasar yang berdekatan. Perpindahan lateral pada kelas situs SC, kelas situs SD, dan kelas situs SE meningkat secara berturut-turut sebesar 92%, 151%, 229% terhadap kelas situs SB. Perpindahan lateral Gedung B pada kelas situs SA dan kelas situs SB nilainya berdekatan seperti yang terjadi pada Gedung A, hal ini terjadi dikarenakan kedua kelas situs tersebut memiliki nilai gaya geser dasar yang berdekatan. Perpindahan lateral pada kelas situs SC, kelas situs SD, dan kelas situs SE meningkat secara berturut-turut sebesar 92%, 153%, 230% terhadap kelas situs SB. Simpangan antar lantai Gedung A pada kelas situs SA dan kelas situs SB nilainya berdekatan, hal ini terjadi dikarenakan kedua kelas situs tersebut memiliki nilai perpindahan lateral yang berdekatan. Simpangan antar lantai pada kelas situs SC, kelas situs SD, dan kelas situs SE meningkat secara berturut-turut sebesar 92%, 49%, 222% terhadap kelas situs SB. Simpangan antar lantai Gedung B pada kelas situs SA dan kelas situs SB nilainya berdekatan seperti pada Gedung A, hal ini terjadi dikarenakan pada kedua kelas situs tersebut memiliki nilai perpindahan lateral yang berdekatan. Simpangan antar lantai pada kelas situs SC, kelas situs SD, dan kelas situs SE meningkat secara berturut-turut sebesar 92%, 53%, 230% terhadap kelas situs SB.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1706010049
Dosen Pembimbing
Partogi H Simatupang - 197501202000121001 - Dosen Pembimbing 1
I MADE UDIANA - 196201101989031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Remigildus Cornelis, ST., MT - 197006122000031002 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
222.01 Pop A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA