Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Mistar Bilangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas IV SD Negeri Asam Tiga

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Mistar Bilangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas IV SD Negeri Asam Tiga

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Penggunaan media pembelajaran mistar bilangan terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri Asam Tiga Kabupaten Kupang dengan Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran mistar bilangan terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat . Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis menggunakan proses analisis data inferensial dengan subjek penelitian adalah 22 peserta didik yang dijadikan kelas eksperimen. Dalam penelitian ini, peneliti mula-mula memberi soal pretest (sebelum diberi perlakuan) kepada 22 peserta didik kelas IV untuk mengukur sejauh mana pemahaman mereka terkait operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Setelah itu, peneliti melakukan pembelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan media pembelajaran Mistar Bilangan di hari yang berbeda. Setelah melakukan pembelajaran menggunakan media pembelajaran, peserta didik mengerjakan soal post-test untuk dinilai hasil belajar yang kan dibandingkan dengan nilai hasil pretest.
Pada kelas eksperimen ini, hasil belajar siswa dapat dilihat dengan membandingkan nilai pretest dan nilai posttest. Rata-rata hasil belajar yang di peroleh oleh kelas eksperimen berturut-turut adalah 69,84 dan 76,06 dengan perolehan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 43. Hasil belajar ini kemudian di uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Dari hasil pengujian hipotesis, Diperoleh nilai signifikansi 2-tailed 0,001 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H_1 diterima. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran mistar bilangan terhadap hasil belajar siswa materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri Asam Tiga. Hal ini juga dapat di lihat dari rata-rata hasil pretest lebih rendah daripada rata-rata hasil posttest.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1801140032
Dosen Pembimbing
Maxel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Ketua Penguji
Maxel Koro, S.Pd., M.Pd - 19901118 201903 1 007 - - Penguji 1
Juliana M. H. Nenohai - 19640702 199303 2 005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Sin P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA