PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KINERJA DOSEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PROGRAM STUDI SOSIOLOGI UNDANA (Studi kasus Program Studi Sosiologi Undana Periode 2021-2022)

Detail Cantuman

Skripsi

PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KINERJA DOSEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PROGRAM STUDI SOSIOLOGI UNDANA (Studi kasus Program Studi Sosiologi Undana Periode 2021-2022)

XML

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap kinerja dosen dalam kegiatan belajar mengajar di program studi Sosiologi UNDANA. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori persepsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan datanya yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 11orang yaitu mahasiswa Program Studi Sosiologi UNDANA. Dengan teknik penarikan sampelnya adalah purposive sampling atau sampling bertujuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya persepsi mahasiswa tentang kinerja dosen dalam proses pembelajaran yang meliputi ketepatan waktu, metode pembelajaran, penyampaian materi dan penggunaan media. Kesimpulan tentang kinerja dosen yaitu, terkait ketepatan waktudosendari11 informan 7orang mengatakan ada dosen yang tidak tepat waktu saat proses pembelajaran dan ada 4 mahasiswa yang mengatakan dosen tepat waktu saat proses pembelajaran dengan kategori cukup baik. Begitu pun dengan metode pembelajaran yang diterapkan,9 orang mahasiswa mengatakan sudah efektif dan ada 2 orang yang mengatakan kinerja dosen dalam metode pembelajaran belum sepenuhnya membaik, dengan kategori sangat baik. Begitu pun dengan penyampaian materi dan penggunaan media, penelitian dengan11informan melalui wawancara, kinerja dosen melalaui persepsi mahasiswa program studi sosiologi dalam menyampaikan materi ada 5 orang mahasiswa yang sudah puas dengan penyampaian materi yang diberikan oleh dosen dan ada 6 orang mahasiswa yang belum merasa puas dengan penyampaian materi yang diberikan oleh dosen dan tidak kalah menarik adalah dengan menggunakan media dalam perkuliahan yang awalnya menggunakan whiteboard. Beberapa kurun waktu berikutnya program studi sosiologi menggunakan LCD di setiap ruang kuliah. Penggunaan LCD dianggap dapat mempermudah proses belajar mengajar mahasiswa sudah sanggat puas dengan penggunaan media oleh dosen di Program Studi Sosiologi Undana dengan kategori sangat baik. Saran, bagi dosen harus lebih disiplin lagi dengan waktu atau jadwal yang sudah ditentukan, dalam penyampaian materi juga lebih baik menggunakan bahasa yang sederhana yang mudah dimengerti dan dipahami oleh mahasiswa. Begitu juga dengan metode-metodedan penggunaan media saat proses pembelajaran semoga lebih diperhatikan lagi.


Detail Information

Item Type
Penulis
Elenora Sariamat - Personal Name
Student ID
1803030057
Dosen Pembimbing
HERMAN YOSEP UTANG - 196602212006041001 - Dosen Pembimbing 1
LASARUS JEHAMAT - 197805242006041006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Herman Yosep Utang - 196602212006041001 - Ketua Penguji
Lasarus Jehamat - 197805242006041006 - Penguji 1
Josep Emanuel Jelahut - 196412241992031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Sar P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA