Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Pembelajaran Materi Keragaman Dan Toleransi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Oesapa Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Pembelajaran Materi Keragaman Dan Toleransi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Oesapa Kota Kupang

XML

Skripsi Oleh ,Ferlin Pauleta Tafui Nim 1801140003 .Dengan Judul
“Pengaruh penggunaan model project based learning dalam pembelajaran
Materi Keragaman dan toleransi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD
Inpres Oesapa kota Kupang. Masalah dalam Penelitian ini adalah Untuk
membuktikan adanya pengaruh signifikan model project based learning
dalam pembelajaran karakter toleransi terhadap hasil siswa kelas IV SD
Inpres Oesapa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi
eksperimen dengan pendekatan kuantitatif terdiri dari dua kelompok
penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, dalam penelitian ini
nilai pritest dan postest akan dibandingkan kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres
Oesapa berjumla 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah sampel cluster random sampling dimana pengambilan sampel pada
daerah yang dittapkan. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Tes.
Instrumen pengukuran yaitu tes berupa pre-test dan post-test untuk
mengukur hasilbelajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu
digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul
kemudiandianalisis yang akan digunakan untuk uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan
model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar siswa. Hal ini
dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran
konversial mencapai nilai rata-rata sebesar 68,4 dan pada kelas eksperimen
diberi perlakuan dengan menggunakan model Project Based Learning
mencapai nilai rata-rata sebesar 82.4. Pengujian hipotesis dengan bantuan
SPSS16 dilakukan dengan uji paired sample t-test. Berdasarkan data
diperoleh nilai signifikansi Ternyata α = 0,05 lebih kecil dari nilai sig atau
(0,05 < 0,069), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dan dengan
menggunakan metode eksperimen dapat menumbuhkan cara berpikir
rasional dan ilmiah pada siswa dan membuat siswa belajar secara aktif dan
mandiri. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara
sebelum dan sesudah menggunakan model bermain peran. Hal ini dapat
dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar
PKn khususnya pada siswa kelas IV SD Inpres Oesapa Kota Kupang.
Kata Kunci : Project Based Learning, Hasil Belajar, Toleransi


Detail Information

Item Type
Penulis
Ferlin Pauleta Tafuli - Personal Name
Student ID
1801140003
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 19591211986011002 - Dosen Pembimbing 1
Maxel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Dr. Petrus Ly, M.Si - 19591211 198601 1 002 - Penguji 1
Maxel Koro, S.Pd., M.Pd - 19901118 201903 1 007 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Taf P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA