Perbedaan Rerata Indeks Sefalik antara Suku Timor dan Suku Timor Campuran di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Perbedaan Rerata Indeks Sefalik antara Suku Timor dan Suku Timor Campuran di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur

XML

Latar Belakang : Karakteristik fisik manusia dapat diidentifikasikan secara khusus dan terperinci melalui pengukuran antropometri, salah satunya dengan pengukuran indeks sefalik. Indeks sefalik merupakan teknik pengukuran kepala dengan menentukan rasio ukuran kepala dari panjang maksimum tulang tengkorak (glabella-occipital) dengan lebar maksimum tulang tengkorak (eurion-eurion). Suku merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi bentuk serta ukuran kepala seseorang. Suku Timor merupakan suku yang berdiam di Pulau Timor di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Mayoritas ukuran kepala masyarakat Suku Timor adalah kepala yang berbentuk bulat atau tipe kepala brachycephalic. Perkawinan antar suku dapat mempengaruhi bentuk dan tipe kepala pada keturunan selanjutnya, dikarenakan adanya penggabungan informasi genetik yang berbeda dari setiap individu.
Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rerata indeks sefalik antara Suku Timor dan Suku Timor Campuran di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik komparatif dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar screening dan pengukuran indeks sefalik secara langsung pada subjek penelitian. Analisis data yang digunakan adalah uji t-test independent.
Hasil : Dari hasil uji menggunakan uji t- test independent, tidak terdapat perbedaan rerata indeks sefalik yang signifikan antara Suku Timor dan Suku Timor Campuran di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan nilai p =0,38.
Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan rerata indeks sefalik yang signifikan antara Suku Timor dan Suku Timor Campuran di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kata Kunci : Indeks Sefalik, Suku Timor, Suku Timor Campuran, Kota Kupang


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1908010047
Dosen Pembimbing
REGINA MARVINA HUTASOIT - 197911072015042001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Regina Marvina Hutasoit - 197911072015042001 - Ketua Penguji
Iswaningsih - 198312162012122002 - Penguji 1
Herman Pieter Louis Wungouw - 1979020220080011015 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
11201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
112.01 TAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA