PENGARUH BEKAS PENAMBANGAN MANGAN TERHADAP KERUSAKAN LAHAN PERTANIAN DI DESA SATAR PUNDA KECAMATAN LAMBA LEDA UTARA KABUPATEN MANGGARAI TIMUR

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH BEKAS PENAMBANGAN MANGAN TERHADAP KERUSAKAN LAHAN PERTANIAN DI DESA SATAR PUNDA KECAMATAN LAMBA LEDA UTARA KABUPATEN MANGGARAI TIMUR

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) untuk mengetahui bekas penambangan mangan terhadap kerusakan lahan pertanian di Desa Satar Punda; (2) untuk mengetahui pengaruh bekas penambangan mangan terhadap kondisi fisik topsoil tanah pada lahan pertanian di Desa Satar Punda; (3) untuk mengetahui pengaruh bekas penambangan mangan terhadap luas lahan yang mengalami degradasi di Desa Satar Punda.
Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif, jenis penelitian yang memiliki tujuan guna menjelaskan secara spesifik suatu gejala, peristiwa yang terjadi pada masa sekarang atau masalah aktual dengan menggunakan data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 556 kepala keluarga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah acak atau random sampling , dengan teknik acak sederhana (simple random sampling). Besarnya sampel dalam ppenelitian ini adalah 53 kepala keluarga, ditentukan dengan cara acak. Sumber data yaitu : Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian: menunjukkan bahwa pengukuran pada lahan telah memenuhi indikator kerusakan lahan dan ketidaklayakkan dengan ciri sebagai berikut: (1) Derajat Keasaman (pH) tanah tinggi mencapai rentangan <3 dengan hasil berwarna kemerahan menandakan tanah bekas tambang memiliki asam kuat, tekstur tanah kasar dengan warna keabu-abuan, dan suhu tanah yang tinggi melebihi standar tanah normal untuk lahan pertanian; (2) pengaruh bekas penambangan mangan terhadap kondisi fisik topsoil tanah dilihat dari jenis tanahnya yaitu tanah Mediteran Haplik berwarna keabu-abuan, kondisi fisik lapisan tanah bagian atas masih terbuka tanpa adanya penutup, jumlah vegetasi yang tumbuh di atas permukaan tanah berjumlah sangat sedikit, kedalaman efektif tanah bekas galian >1 cm; (3) Luas lahan pertanian yang mengalami degradasi cukup luas sehingga sebagian besar masyarakat memilih untuk alih fungsi lahan dalam skala besar karena kondisi lahan yang sudah tidak layak untuk ditamani tanaman dengan kondisi sekarang.


Detail Information

Item Type
Penulis
Martina Nuriati Pejeng - Personal Name
Student ID
1901100119
Dosen Pembimbing
Penguji
Muhammad Husain Hasan, S.Pd, M.Pd. - 198806022019031012 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 Pejeng P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA